Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Modul elektronik adalah alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan dan cara mengevaluasi yang telah dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbantuan simulasi videoscribe untuk melatih kemampuan bepikir kritis siswa pada pokok bahasan gerak parabola. Model pengembangan yang telah digunakan yaitu model 3D dengan langkah-langkah Define, Design dan Develop. Validasi telah dilakukan oleh 3 judgement ahli untuk menilai produk    yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, bahasa dan media. Berdasarkan hasil validasi aspek isi didapatkan hasil persentase sebesar 82,14% dengan kategori sangat layak, aspek penyajian sebesar 89,28% dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 93,51% dengan kategori sangat layak dan aspek media sebesar 77,08% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbantuan simulasi videoscribe dihasilkan layak dengan presentase rata-rata sebesar 85,50% yang termasuk dalam kategori sangat layak.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-Modul, Videoscribe, Berpikir Kritis, Flip PDF Professional

 

 

ABSTRACT

 

The electronic module is a learning tool that contains material, methods, limitations and ways of evaluating which are designed systematically and attractively to achieve the expected competencies. This research is a research and development (R&D) which aimed to produce e-modules assisted by videoscribe simulation to train students' critical thinking skills on the subject of parabolic motion. The development model used is a 3D model with the steps Define, Design and Develop. The validation was carried out by 3 expert judgments to assess products developed from the aspects of content, presentation, language and media. Based on the results of the validation of the content aspect, the percentage results were 82.14% with the very feasible category, the presentation aspect was 89.28% with the very feasible category, the language aspect was 93.51% with the very feasible category and the media aspect was 77.08%. very decent category. Based on these results, it can be concluded that the videoscribe simulation-assisted learning e-module is feasible with an average percentage of 85.50% which is included in the very feasible category.language and media.

               

Keywords: Research and Development, E-Module, Videoscribe, Critical Thinking, Flip PDF Professional

Article Details

References

  1. Kemendikbud. Modul penyusunan soal keterampilan berpikir kritis tingkat tinggi (higher order thingking skills). samsul hadi, Abdi J, editors. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan jalan R.s Fatmawati, cipete, Jakarta; 2019. p. 1–2
  2. Daryanto, Karim S. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media; 2017:267.
  3. Ahmatika D. Peningkatan Kemampuan Berpkir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/DISCOVERY. J Euclid. 2015;3(1):394–403.
  4. Aghaei K, Education P, Rad EM, Science G. On the Interconnection between Bloom’s Critical Thinking Taxonomy & Listening Comprehension Performance of Iranian EFL Learners ?. Int J f englaish languge Transl Stud. 2015;22–31.
  5. Arini W, Juliadi F. Analisis Kemampuan Berpikir Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4. 2018;10:1–11.
  6. Nurdyansyah, Mutala’liah N. M. Musfiqon dan Nurdyansyah. N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik . Sidoarjo: Nizamia learning center., 41. 2015;(20).
  7. Anggriani L, Diana N, Latifah S. Pengembangan modul fisika berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Dengan Menggunakan 3d Pageflip Professional. J UIN. 2019;1–7.
  8. Rahmawati F, Kardi S. Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2016;5(2).
  9. Pratiwi Ed, Latifah S, Mustari M. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Development Of Physical Learning Media Using. 2019;02(November):303–9.
  10. M R, Lu’mu, Amir F. Pengembangan modul pembelajaran jaringan dasar berbasis media interaktif di smk. 2018;5.
  11. Maulana I, Budiman H, Andriani S. Engembangan E-Modul Flipbook Berbantuan Flip Pdf Professional Dengan Pendekatan Situation Based Learning (Sbl) Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Kelas Viii Di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. 2020;
  12. Siahaan Ad, Medriati R, Risdianto E. Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi. 2019;2(2):91–8.
  13. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis SNF2015. 2015;IV:49–54.
  14. Fadieny N, Fauzi A. Validitas E-Modul Fisika Terintegrasi Materi Bencana Petir Berbasis Experiential Learning. J Penelit dan Pembelajaran Fis. 2021;7(1):17–25.
  15. Romadona DD, Adila D. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. 2020;1(2):59–66.
  16. Sari DP. Respon siswa terhadap modul sistem ekskresi manusia pada pembelajaran biologi kelas xi sma. J Pendidik. 2017;1–10.