Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menghasilkan produk berupa alat peraga eksperimen fisika dasar 1 berbasis arduino pada materi viskositas fluida (2)Menguji kelayakan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 berbasis Arduino pada materi viskositas fluida. (3)Mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap uji keterbacaan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 berbasis Arduino pada materi viskositas fluida. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk dibuat menggunakan Arduino Uno dan software Arduino IDE dengan bahasa pemrograman C++. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu 42 orang mahasiswa JPMIPA FKIP Unib (Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan IPA). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket kebutuhan mahasiswa, angket validasi tim ahli, dan angket persepsi mahasiswa. Penilaian angket uji validasi dan persepsi mahasiswa diinterpretasikan dengan Skala Likert. Validasi produk dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu Dosen Pendidikan Fisika. Validasi produk ditinjau dari 7 aspek yaitu aspek efisiensi alat, keterkaitan dengan materi perkuliahan, mengandung nilai pendidikan, ketahanan alat, estetika, komponen teknis dan keamanan alat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa alat peraga yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 87% dan persepsi mahasiswa terhadap alat peraga yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 87%.

 

Kata Kunci: Alat Peraga, Arduino, Eksperimen Fisika dasar, Penelitian dan Pengembangan, Viskositas Fluida.

 

ABSTRACT

 

This research objectives were to (1)Produce products in the form of arduino-based basic physics experiment props 1 on fluid viscosity material (2)Testing the feasibility of arduino-based basic physics experiment props 1 on fluid viscosity material. (3)Describe students' perception of the readability test of arduino-based basic physics experiment props on fluid viscosity material. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with ADDIE development model. Products are made using Arduino Uno and Arduino IDE software with C++ programming language. The data samples used in this study were 42 students of JPMIPA FKIP Unib (Physics Education, Chemical Education, Biology Education and Science Education). The instruments used in this study are interviews, student needs questionnaires, expert team validation questionnaires, and student perception questionnaires. The assessment of the validation test and student perception was interpreted by Likert Scale. Product validation was done by 3 expert validators, namely Lecturers of Physics Education. Product validation was reviewed from 7 aspects, namely the efficiency aspects of the tool, the association with the lecture material, containing the value of education, tool durability, aesthetics, technical components and tool safety. The results obtained from this study showed that the props developed fall into the category of very feasible and an average value percentage of 87% and the perception of students to the props developed in the category is the best with an average score of 87%

 

Keywords: Arduino, Experimentation Basic Physics, Fluid Viscosity, Props, Research and Development.

Article Details

References

  1. Susanti H, Asmoro CP. Rekonstruksi Set Alat Percobaan Viskositas. 2019;4(1):31–6.
  2. Manurung LS, Sudrajad H. Design And Build Up The Stirrer Viscometer. 2018;6(2):98–104.
  3. Boimau Infianto , Mellu Ruth N.K. MR. Rancang Bangun Alat Praktikum Viskometer Berbasis Arduino. Wahana Fis. 2020;5(1):28–40.
  4. Karsumi. Pengembangan Alat Praktikum Viskosimeter Zat Cair. J Pendidik Fis Indones. 2012;8(1):8–14.
  5. Tissos NP, Kamus Z. Pembuatan Sistem Pengukuran Viskositas Fluida Secara Digital Menggunakan Sensor Efek Hall UGN3503 Berbasis Arduino UNO328. 2014;VI(1):71–83.
  6. Romadhon NUPYAH. Keefektifan Alat Peraga Viskositas Dengan Sensor Mini Reed Switch Magnetic Berbasis Arduino Untuk Peserta Didik. J Muslim Herit. 2019;4(2):301–16.
  7. Wulandari S. Pengembangan Alat Peraga Fisika Pada Materi Viskositas Sebagai Media Pembelajaran. J Pendidik Fis. 2013;1(1):1–10.
  8. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). ALFABETA; 2019.
  9. Branch RM. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer; 2009.
  10. Sari OB mila, Risdianto E, Sutarno S. Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. PENDIPA J Sci Educ. 2020;
  11. Lumbantoruan P. Pengaruh Suhu Terhadap Viskositas Minyak Pelumas (OLI). FMIPA Univ PGRI PALEMBANG. 2016;13(2):26–34.
  12. Lubis NA. The Influence Of Liquid Viscosity On Falling Time By Falling Ball Method. 2018;2(2):26–32.
  13. Damayanti Y, Lesmono AD, Prihandono T. Kajian Pengaruh Suhu Terhadap Viskositas Minyak Goreng Sebagai Rancangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Fisika. J Pembelajaran Fis. 2018;7(3):307–14.
  14. Wijana S, Harnawi T. The Study on Liquid Soap Production from Recycled Frying Oil ( The Effect of Mixing Time and Water : Soap Ratio on the Quality ). 2019;10(1):54–61.
  15. Regina O. Measurement of viscosity uses an alternative viscometer. 2018;6(2):127–32.
  16. Surahman, E., & Surjono HD. Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. J Inov Teknol Pendidik. 2017;4(1):26–37.