Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik pembelajaran daring berbasis MOOCs untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi suhu dan kalor serta mendapatkan persepsi dari peserta didik yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D dengan langkah-langkah define, design ,development dan dissemination. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non tes dimana menggunakan data observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif, kualitatif dan kualitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu, SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berbasis MOOCs yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria sangat layak dengan persentase 83,07 % serta memiliki karakteristik dari pembelajaran daring berbasis MOOCs dan motivasi belajar sehingga layak diujicobakan serta mendapatkan persepsi siswa dengan kategori sangat baik terhadap pembelajaran daring berbasis MOOCs dengan persentase 84,03%.

 

Kata kunci : Pengembangan,  Pembelajaran Daring, Berbasis MOOCs, Motivasi Belajar, Suhu dan Kalor

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the location and bold learning based on MOOCs to increase students' learning motivation on temperature and heat material and get good perceptions from students. This research is a research and development (R&D) with a 4D model with the steps of define, design, development, and dissemination. Data collection techniques are non-test techniques that use observational data and questionnaires. The data analysis technique used descriptive, qualitative, and qualitative methods. The subjects used in this study were physics teachers and class XI students at SMA Negeri 1 Bengkulu City, SMA Negeri 6 Bengkulu City and SMA Negeri 9 Bengkulu City. The results of this study can be said that the developed MOOC-based bold learning includes very feasible criteria with a percentage of 83.07% and has the characteristics of MOOC-based learning and learning motivation so that it is worthy to be tested and get student perceptions in a very good category towards MOOCs-based bold learning. with a proportion of 84.03%.

 

Keywords: RnD, e-learning, MOOCs, increase learning motivation, temperature, and heat

Article Details

References

  1. Suwasono P, Puspitasari E. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan Tahun 2016 / 2017 pada Materi Fluida Statis. J Ris Pendidik Fis. 2016;1(1):28–32.
  2. Wulan R, Lestari M, Miswan. Model Pembelajaran E-Learning Menggunakan Dokeos Di Smkn 22 Jakarta. Fakt Exacta. 2015;5(1):86–101.
  3. Monica J, Fitriawati D. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. J Communio J Jur Ilmu Komun. 2020;9(2):1630–40.
  4. Risdianto E. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0 Eko Risdianto , M . Cs. Anal Pendidik Indones di Era Revolusi Ind 40. 2019;(April):0–16.
  5. Putri RM, Risdianto E, Rohadi N. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. J Kumparan Fis. 2019;2(2):113–20.
  6. Nugroho A. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. J Transform. 2012;9(2):72.
  7. History A. Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING. 2020;7(2):124–32.
  8. Risdianto E, Yanto M, Kristiawan M, Gunawan G. Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. 2021;5(2):1487–500.
  9. Suyetno A. Pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs) pada Materi Pengelasan. J Tek Mesin dan Pembelajaran. 2020;2(2):141.
  10. Sugiyono PD. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. Bandung: ALFABETA, CV.; 2013. 1689–1699 p.
  11. Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2012.
  12. Sriwahyuni I, Risdianto E, Johan H. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. J Kumparan Fis. 2019;2(3):145–52.
  13. Bagus A, Rahma N, Budiono E, Kusuma RD, Dzakiya N, Malang UN. PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MOOC BAGI GURU. 2017;(Hapemas 2).
  14. Johar A, Risdianto E, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. Rekursif. 2014;2(1):1–9.
  15. Sari N, Sunarno W, Sarwanto S. Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. J Pendidik dan Kebud. 2018;3(1):17.