Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving Fisika (PSF) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi di SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan disain nonequivalent control group design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dan one group pretest posstest design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Analisis data menggunakan uji T dua sampel independen menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dengan nilai thitung>ttabel yaitu (4.58>1.81), dengan besar pengaruh sebesar 1.12 artinya model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 70,9 % terhadap pemahaman konsep siswa, yang berada dalam kategori sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata Posttest dengan skor rata-rata Pretest (O2-O1) sebesar 12.94, dengan besar pengaruh sebesar 2.08, artinya model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 84.1% berada pada kategori Tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Fisika, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis

 

Article Details

References

  1. Basuki I, Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2016. 177 .
  2. Wijaya EY, Sudjimat DA, Nyoto A. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Pros Semin Nas Pendidik Mat (ISSN 2528-259X). 2016;1:263–78.
  3. Arifin Z. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. 2017;1(2):92–100.
  4. Husein S, Herayanti, Lovy G. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. J Pendidik Fis dan Teknol. 2015;I(3):221–5.
  5. Syahputri R, Tampubolon T. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sipispis T.P 2012/2013. J Inpafi. 2014;2(4):1–9.
  6. Warimun ES, Murwaningsih A. Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2015;1(1):105–10.
  7. Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  8. Widiyanto M. Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex media Komputindo; 2013.
  9. Thalheimer W, Cook S. How to calculate effect sizes from published research : A simplified methodology. 2002;1–9.
  10. Kadel RP, Kip KE. A SAS Macro to Compute Effect S ize ( Cohen ’ s ) and its Confidence Interval from Raw Survey Data. 2012;1:1–12.
  11. Cohen J. Statistical Power Analysis for the behavioral Sciences. New York: Lawrence Erlbaum Associates; 1988.
  12. Warimun ES. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. J Exacta (ISSN 1412-3617). 2012;X(2):111–4.
  13. Warimun E swistoro, Murwaningsih. Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. J Exacta ISSN 1412-3617. 2013;11(1):26–8.
  14. Handayani MW, Swistoro E, Risdianto E. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. J Kumparan Fis (ISSN 2655-1403). 2018;1(3):36–44.
  15. Lestari YN, Swistoro E, Purwanto A. Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J Kumparan Fis (ISSN 2685-1806). 2019;2(2):121–8.