Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Perangkat pembelajaran dibutuhkan sebagai sumber belajar agar proses kegiatan pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, mampu mengkontruksi pengetahuannya dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang efektif dan memiliki tujuan yang sama akan mampu mengembangkan motivasi siswa untuk aktif dalam belajar. Dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang berbasis model mental dan berpola model pembelajaran generatif dipandang mampu mengembangkan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran getaran harmonis berbasis model mental dan berpola model pembelajaran generatif untuk diujicobakan. Aspek validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu format/ konstruksi, isi, dan bahasa. Perangkat pembelajaran akan dikatakan valid jika hasil penilaian para tim ahli menyatakan bahwa aspek perangkat pembelajaran mendukung pembelajaran dan komponen yang terkandung konsisten, serta menggunakan bahasa yang baik atau sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 3-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (design). Persentase rata- rata penilaian dari data lembar validasi ahli terhadap RPP, Materi Ajar, LKS, dan Tes Hasil Belajar adalah . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mendapatkan penilaian dengan kriteria interpretasinya “sangat valid” sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan untuk diujicobakan.

 

Kata Kunci: Model Mental, Pembelajaran Generatif, Getaran Harmonis

 

ABSTRACT

 

Learning tools needed as a learning resource so that the learning process can motivated students to learn actively, able to construct their knowledge in learning. The used of learning models that were effective and had the same goals will encourage students to be active in learning. In this study using a development model that is based on mental models and patterned generative learning models. The purpose of this study is the learning of the validity or feasibility of learning models based on mental harmonization and generative learning patterns to be tested. The aspects of validity used in this study are format / construction, content, and language. The learning  will be approved valid if the results of the experts state that the learning kit supports learning and the components contained well, and use good language or in accordance with enhanced spelling. This type of research is a 3-D consisting of defined, designed, and development. The average percentage of expert validation sheet data on lesson plans, teaching materials, worksheets, and learning outcomes tests is ?81%. The results showed that the learning device obtained results with the suggestion that the interpretation "very valid" could be accepted as a learning tool that was worth using for testing.

 

Keywords: Mental model, Generative Learning, Harmonious Vibration

Article Details

References

  1. Simanjuntak P. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ISSN 2477-0620. 2018;3(4):52–61.
  2. Anaperta M. Praktikalitas Modul Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Listrik Dinamis Terintegrasi Kelistrikan Jantung. J Ris Fis Edukasi dan SAINS. 2017;3(2):75–86.
  3. Kholifah SN, Buditjahjanto IGPA. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Tei Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Dan Interface Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. J Pendidik Tek Elektro. 2016;05(03):975–82.
  4. Sugiana IN, Harjono A, Sahidu H. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. J Pendidik Fis dan Teknol. 2016;II(2):61–5.
  5. Hrepic Z. Identifying students ’ mental models of sound propagation : The role of conceptual blending in understanding conceptual change. Phys Rev Spec Top - Phys Educ Res. 2010;1–18.
  6. Hasanah N, Zainuddin, Suyidno. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Generatif untuk Melatihkan Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Teori Kinetik Gas. Semin Nas Pendidik Fis FKIP ULM iSBN. 2019;
  7. Rahayu C, Eliyarti, Festiyed. Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. 2019;7(3):164–76.
  8. Widyastika D, Nurza UMS, Marwan A. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Application Of Generative Learning Model To Improve Student Learning Motivation In Science Lessons. Pros Semin Nas Biol dan Pembelajarannya ISSN. 2018;
  9. Lubis SA, Derlina. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton Di Smp Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2013/2014. 2016;4(4).
  10. Dedy H, Kurniati E, Indra S. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu. J Exacta (ISSN 1412-3617). 2012;X(1):79–88.
  11. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan RnD). 2010.
  12. Dewi SM, Gunawan, Susilawati, Harjono A. VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL GENERATIF BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL. J Pendidik Fis dan Teknol. 2019;5(1).
  13. Ana P, Rakhmawati L. PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL. Jurrnal Pendidik Tek Elektro. 2013;2(2).
  14. Rahayu C, Festiyed. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open- Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. J Pendidik Fis p-ISSN 2355-5785 e-ISSN 2550-0325. 2018;7(1):1–6.
  15. Purnamasari I, Yuliati L, Diantoro. Teori, Penelitian, dan Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Mental Siswa pada Materi Fluida Statis. J Pendidik. 2018;
  16. Ismiazizah N, Prihandono T, Harijanto A. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Tempeh. :383–9.
  17. Wang C. The Role Of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, And Mental Models In General Chemistry Students’ Understanding About Molecular Polarity. 2007;
  18. Rohadi N, Setiawan I, Swistoro E. Descriptive Qualitative Analysis Based on Physics Mental Model of Students’ Cognitif Understanding on the Concepts of Kinematics Particle and Parabolic Motion. J PEMBELAJARAN Fis. 2020;7(2):77–85.