Main Article Content

Abstract

ABSTRAK     

 


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma (2) Mendeskripsikan proses dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif (descriptive research). Subjek penelitian adalah guru fisika dan IPA dan siswa kelas X serta XI IPA SMAN 3 Seluma. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan analisis data angket menggunakan rating scale dan analisis data hasil wawancara. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa (1) Perencanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma berada pada kategori baik (2) Proses dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran IPA fisika secara daring/online di SMAN 3 Seluma berada pada tingkat baik.


 


Kata Kunci : Pembelajaran daring, Pembelajaran IPA, Pembelajaran Fisika


 


ABSTRACT


 


The objective of this research was to (1) describe the online science learning plan at SMAN 3 Seluma (2) to describe the process and evaluation of the implementation of online science learning at SMAN 3 Seluma. The research method used is descriptive research method (descriptive research). The research subjects were physics and science teachers and students of class X and XI science at SMAN 3 Seluma. Data collection techniques used in this study were questionnaires and interviews. The data analysis technique in this study is by analyzing questionnaire data using a rating scale and analyzing data from interviews. From the results of data processing, it was obtained that (1) the online/online planning of physics science learning at SMAN 3 Seluma was in the good category (2) The process and evaluation of the implementation of online/online physics science learning at SMAN 3 Seluma was at a good level.


 


Keywords:  online learning, science learning, physics learning

Article Details

References

  1. Liliawati W. Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. J pengajaran MIPA. 2011;16:2.
  2. Sadikin a. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. J biodik. 2020;6(2):214–24.
  3. Rahmawati DS. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. J Pendidik. 2009;
  4. Majid A. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2011.
  5. Utami, yuliza putri. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring”. J Pendidik Mat. 2020;12–21.
  6. Putria H. Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. J basicedu [Internet]. 2020;4(4):861–72. Available from: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
  7. Wiguna R. Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online (Daring) Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemi Covid-19. J Pendidik. 2020;13–9.
  8. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta; 2013.
  9. Sugiyono. Metode Penelitian. Bandung: Erlangga; 2019.
  10. Muslichah asy’ari. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran di SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Derektorat Ketenagaan;
  11. mansyur A. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Educ Learn J. 2020;1:113–23.
  12. hamalik oemar. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara; 2006.
  13. riyana c. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. J Pendidik. 2019;112–22.
  14. Djamarah syaiful bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2010.
  15. Sartika AM. Analisis Keterlaksanaan Praktikum Kimia di Laboratorium Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungura Pontianak. J Pendidik Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2018;7(7):1–13.
  16. susanto. dan akmal. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi : Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. J Pendidik. 2019;1:1–11.
  17. arsyad azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers; 2011.