Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pemahaman guru fisika terhadap pengertian dan karakteristik instrument assessment HOTS di SMAN se-Kabupaten Bengkulu Tengah. Penentuan sampel menggunakan metode teknik Cluster Random Sampling, sehingga subjek penelitian ada enam guru mata pelajaran fisika dari tiga SMAN yang berbeda di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian menunjukan hasil bahwa tingkat pemahaman guru fisika terhadap pengertian instrument assessment HOTS sudah cukup baik dengan nilai rata-rata 69,09 sehingga berada pada kategori cukup sebesar 33,33% (2 guru). Untuk tingkat pemahaman guru fisika terhadap karakteristik instrument assessment HOTS sudah cukup baik dengan nilai rata-rata 63,0 sehingga berada pada kategori cukup sebesar 16,66% (1 guru).


 


Kata Kunci : kemampuan guru fisika, Instrument Assessment HOTS, metode penelitian deskriptif kualitatf.


 


ABSTRAK


 


This study aims to describe the understanding of physics teachers on the understanding and characteristics of the HOTS assessment instrument in SMAN in Central Bengkulu Regency. The research method used is descriptive qualitative method. In this study, the determination of the sample used the Cluster Random Sampling technique, so that the research subjects consisted of six physics teachers from three different high schools in Central Bengkulu Regency. The results showed that the level of understanding of the physics teacher on the understanding of the HOTS assessment instrument was quite good with an average value of 69.09 so that it was in the sufficient category of 33.33% (2 teachers). For the level of understanding of the physics teacher to the characteristics of the HOTS assessment instrument, it is quite good with an average value of 63.0 so that it is in the sufficient category of 16.66% (1 teacher).


 


Keywords: physics teacher ability, HOTS assessment instrument, qualitative descriptive research method.

Article Details

References

  1. Suparlan. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikaat Publishing; 2008.
  2. Mailani E. Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Pendamping. Sch Educ J PGSD FIP Unimed,. 2012;6(2):14–7.
  3. Sudijono A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2012.
  4. Lewy. Pengembagan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Dan Deret Bilangan di kelas IX Akselerasi SmpXaverius Maria Palembang. J Pendidik Mat. 2009;3(2):14–28.
  5. Sajidan A. Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: Penerbit dan percetakan UNS; 2018.
  6. Anderson K. Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen. New York: Addition Wesley Longman; 2010.
  7. Brookhart S. Assess higherorder thingking skills in your classroom. Alexandria: ASCD; 20210.
  8. Malik A, Ertikanto C, Suyatna A. DESKRIPSI KEBUTUHAN HOTS ASSESSMENT PADA TERBIMBING SNF2015-III-1 SNF2015-III-2. 2015;IV:1–4.
  9. Aydin Y. The efec of constuctivist approach in chemistry education on students’ higher order cognitive skills. J Educ. 2010;(39):57–68.
  10. Rosnawati R. Enam Tahapan Aktifitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Memberdayagunakan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa (Makalah). 2012;
  11. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Kemendikbud; 2017.
  12. Desilva D, Sakti I, Medriati R. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. J Kumparan Fis. 2020;3(1):41–50.
  13. Maharani E. Kemendikbud Akui Banyak Guru Salah Persepsi Terkait HOTS. Dalam Republika.co.id. 2018;
  14. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.; 2008.
  15. Ngatman. Evaluasi Pendidikan. Grobongan: CV. Sermu Untung; 2017.