Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan e-modul materi usaha dan energi yang berbasis web dengan model ARCS di SMA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Tahap define terdiri atas studi literatur, analisis observasi awal dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian ini terdiri atas rancangan e-modul. Tahap development dalam penelitian ini merupakan validasi ahli serta revisi berdasarkan validasi ahli dan keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk e-modul yang dihasilkan diperoleh persentase rata-rata pada aspek isi adalah 81,25% dengan kategori layak, aspek penyajian sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 84,38% dengan kategori sangat layak, dan aspek media sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 84,78% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji keterbacaan produk diperoleh persentase skor rata-rata terhadap produk sebesar 88,19% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan. Karakteristik e-modul terdiri dari Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptif, User friendly dan Konsistensi.


 


Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Berbasis Web, ARCS, Motivasi Siswa.


 


ABSTRACT


 


This research is a research and development (R&D) aimed at producing a product and knowing the feasibility of a web-based business and energy material e-module with the ARCS model in high school. The development model used in this study is a 4D development model which is limited to 3D, namely define, design, and development. The define stage consists of literature study, analysis of initial observations and needs analysis. The design stage in this study consisted of an e-module design. The development stage in this research is expert validation and revision based on expert validation and product readability. Based on the results of expert validation of the resulting e-module product, the average percentage in the content aspect is 81,25% in the decent category, the presentation aspect is 91,6% in the very feasible category, the language aspect is 84,38% in the very category. Feasible, and the media aspect of 87,5% with a very decent category with an overall average value of 84,78% with a very decent category. Based on the product readability test, the percentage of the average score for the product was 88,19% with a very decent category. Based on the results of validation and readability tests that have been carried out by experts, it can be concluded that the e-module developed is "very feasible" to be continued in field trials. The characteristics of the e-module consist of Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptive, User friendly and Consistency.


 


Keywords: Research and Development, E-module, Web-Based, ARCS, Student Motivation.

Article Details

References

  1. Putri RM, Risdianto E, Rohadi N. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. J Kumparan Fis. 2019;2(2):113–20.
  2. Fauziddin M. Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. J Obs J Early Child Educ. 2017;1(1):42.
  3. Anwar MK. Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris J Kegur dan Ilmu Tarb. 2017;2(2):97.
  4. Ramadhani M. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. J Pendidik Biol. 2012;
  5. Peranti P, Purwanto A, Risdianto E. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa Sma Kelas X. J Kumparan Fis. 2019;2(1):41–8.
  6. Widiastuti AS, Purwanto J. Remediasi Miskonsepsi Pada Materi Gelombang Bunyi Dengan Pendekatan Konstruktivisme Metode 5E Di SMA N 1 Turi. Pros SNFA (Seminar Nas Fis dan Apl. 2019;4(2000):25.
  7. Fitri LA, Kurniawan ES, Ngazizah N. Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. J Radiasi [Internet]. 2013;3(1):19–23.
  8. Sari N, Sunarno W, Sarwanto S. Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. J Pendidik dan Kebud. 2018;3(1):17.
  9. Firdaus H, Herpratiwi H, Rosidin U. Evaluasi Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. J Teknol Inf Komun Pendidik. 2015;
  10. Asiani A, Harini, Nugroho JA. Penerapan Model Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (Arcs) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 1 Smk Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidik Ekon FKIP Univ Sebel Maret. 2017;3(1):1–11.
  11. Fadilah RN, Yahya F. Pengembangan Modul Fisika Berorientasi Pada Model Motivasi Arcs (Attention, Relevance, Confidence,Satisfaction) Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Siswa Kelas X Sma. 2018;366–76.
  12. Ali M, Karlina A. Pengembangan Modul Fisika Dengan Model Kreatif dan Produktif. Cendekia J Ilm Pendidik [Internet]. 2018;120–32. Available from: http://ejurnal.stkip-ktb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/77
  13. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis SNF2015. 2015;IV:49–54.
  14. Keuangan MDAN, Indria H, Puspasari D. Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan. 2017;1(1).
  15. Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51.