Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan, mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui respons siswa terhadap LKPD kinematika gerak lurus menggunakan Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang di modifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Pada tahap define terdiri dari studi literatur,  analisis observasi awal dan analisis questioner awal kebutuhan guru dan siswa. Tahap design terdiri rancangan produk LKPD dan tahap development terdiri validasi ahli, revisi berdasarkan saran/masukan dari validasi ahli dan melakukan uji keterbacaan produk kepada siswa. Hasil validasi ahli yang telah dilakukan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dalam kategori sangat layak yaitu dengan nilai 84,44 % dan respons siswa pada kategori sangat baik yaitu dengan nilai 91,11%. Karakteristik dari LKPD ini terdiri dari 5 karakteristik yaitu self instructional, self contained, stand alone, adaptif, and user friendly.


 


Kata kunci: Penelitian dan pengembangan (R&D), LKPD, Learning Cycle 7E, dan Keterampilan berpikir kritis


 


ABSTRACT


 


This research is a type research and development (R&D) aimed at producing products, describe worthiness, describe characteristics and determine student responses to LKPD kinematics straight motion using the learning cycle 7E to improve senior high school students critical thinking skills. This research uses a 4D development model that is modified into 3D, namely define, design, and development. At the define stage consists of a literature study, an early observational analysis and questioner an early analysis of the needs and students. The design phase consists of expert validation, a revision based on the advice/input from expert validation and conducting the study of product reading to students. The results of expert validation that have been carried out show that the LKPD developed in the very feasible category is with a score of 84,44% and student responses in the very good category, namely with a score of 91,11%. The characteristics of this LKPD consist of 5 characteristics namely self instructional, self contained, stand alone, adaptive, and user friendly.


 Keywords: Research and development, LKPD, Learning Cycle 7E and Critical Thinking Skills.

Article Details

References

  1. Adilah, D.N & Budiharti R. Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Pros Semin Nas Fis dan Pendidik Fis. 2015;6:6.
  2. Anggraini, S. A. P., Lesmono, A. D., & Handono S. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana di MAN. Semin Nas Pendidik Fis. 2017;2:1–6.
  3. Dwi Aristya Putra P. Pengembangan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. J Fis Indones. 2015;45–8.
  4. Firdaus, M., & Wilujeng I. Pengembangan LKPD Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. J Inov Pendidik IPA. 2018;1:26–40.
  5. Hariyati, S., Maftukhin, A., & Sriyono S. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Bervisi SETS (Science, Enviroment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J Berkalah Pendidik Fis. 2018;2:39–46.
  6. Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis. 2015;
  7. Indrawati, W., Suyatno & RYS. Implementasi Model Learning Cycle 7E pada Pembelajaran Kimia dengan Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. J Pendidik Sains. 2015;1:788–94.
  8. Marwan, M., Khaeruddin, K., & Amin BD. Pengembangan Instrumen Asisment Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Bidang Studi Fisika. Semin Nas Fis. 2020;2:116–9.
  9. Negoro, Adi, R. Hidayah , Husnul, Rusilowati, Ani. Subadi B. Upaya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. J Pendidik ( Teor dan Prakt. 2018;1:18.
  10. Nuraini N. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. Pendidik Biol. 2017;2:89–96.
  11. Prastowo A. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press; 2011.
  12. Sugiyono m. Metode Peneltian Kombinasi. Bandung: Alfabeta; 2015.
  13. Sakti, I., Defianti, A. & N. Implementasi Modul IPA Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu Materi Pengukuran Melalui Discovery Learning untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. J Kumparan Fis. 2020;3:232–8.
  14. Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri E. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Kalor. J Ilmu Pendidik Fis. 2016;2:64.
  15. Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawa I. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. J Kumparan Fis. 2020;2:121–30.