Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk e-modul fisika melatihkan literasi sains dan mendeskripsikan hasil kelayakan pada e-modul. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model 3D yang terdiri dari tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket pendidik dan peserta didik, dan lembar validasi ahli yang berisikan aspek media, materi dan bahasa. Berdasarkan hasil uji validasi ahli didapatkan skor rata-rata persentase pada aspek kelayakan isi 71%, aspek penyajian 68%, aspek bahasa 66% dan aspek literasi sains 75% serta aspek kegrafikan sebesar 69% memiliki kategori cukup valid.
Kata kunci: e-modul, literasi sains dan fluida dinamis.
ABSTRACT
This research aimed to produce a physics e-module product to train science literacy and describe the feasibility results of the e-module. This method is R&D with a 3D model consisting of three stages is define, design, and develop. The assessments used in this study are observation sheets, questionnaires for educators and students, and expert validation sheets containing aspects of media, material and language. Based on the results of the expert validation test, the average percentage score on the content feasibility aspect is 71%, the presentation aspect is 68%, the language aspect is 66% and the science literacy aspect is 75% and the graphic aspect is 69% which has a fairly valid category.
Keywords: e-module,science literacy and dynamic fluid
Article Details
Copyright (c) 2023 vera marcelina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Suryadi. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media KOKAMI terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. J Pendidik Sains. 2013;1(4):375–81.
- Abriani A, Nursalam. Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. J Pendidik Fis. 2016;4(1):40–3.
- Wati RWI, Lesmono AD, Prastowo SHB. Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. J Pembelajaran Fis. 2019;8(3):202–7.
- Pratiwi I. EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. 2019;4:51–71.
- Hartini S, Thaybah, Mastuang, Mahtari S. Developing of Physics Learning Material Based on Scientific Literacy to Train Scientific Process Skills. J Phys Conf Ser. 2018;1097(1).
- Rusilowati A. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2016;5(3):25–31.
- Usmeldi U. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2016;2(1):1–8.
- Shellawati S, Sunarti T. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Inov Pendidik Fis. 2018;7(3):407–12.
- Muzijah R, Wati M, Mahtari S. Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. J Ilm Pendidik Fis. 2020;4(2):89.
- Arsanti M. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2018;1(2):71–90.
- Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51.
- Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi I. Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. J Pendidik. 2017;2(1).
- Suarsana IM, Mahayukti GA. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. J Nas Pendidik Tek Inform. 2013;2(3):193.
- Priatna IK, Putrama IM, Gede D, Divayana H. Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. 2017;6:70–8.
- Nafaida R, Halim A, Rizal S. Pengembangan Modul Berbasis Phet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pembiasan Cahaya. J Pendidik Sains Indones. 2015;3(1):181–5.
References
Suryadi. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media KOKAMI terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. J Pendidik Sains. 2013;1(4):375–81.
Abriani A, Nursalam. Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. J Pendidik Fis. 2016;4(1):40–3.
Wati RWI, Lesmono AD, Prastowo SHB. Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. J Pembelajaran Fis. 2019;8(3):202–7.
Pratiwi I. EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. 2019;4:51–71.
Hartini S, Thaybah, Mastuang, Mahtari S. Developing of Physics Learning Material Based on Scientific Literacy to Train Scientific Process Skills. J Phys Conf Ser. 2018;1097(1).
Rusilowati A. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2016;5(3):25–31.
Usmeldi U. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2016;2(1):1–8.
Shellawati S, Sunarti T. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Inov Pendidik Fis. 2018;7(3):407–12.
Muzijah R, Wati M, Mahtari S. Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. J Ilm Pendidik Fis. 2020;4(2):89.
Arsanti M. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO J Ilm Bhs dan Sastra. 2018;1(2):71–90.
Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51.
Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi I. Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. J Pendidik. 2017;2(1).
Suarsana IM, Mahayukti GA. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. J Nas Pendidik Tek Inform. 2013;2(3):193.
Priatna IK, Putrama IM, Gede D, Divayana H. Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. 2017;6:70–8.
Nafaida R, Halim A, Rizal S. Pengembangan Modul Berbasis Phet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pembiasan Cahaya. J Pendidik Sains Indones. 2015;3(1):181–5.