Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahp 3-D yang terdiri dari define, design, dan develop. Berdasarkan hasil validasi ahli pada aspek media diperoleh persentase sebesar 85% yang dikategorikan sangat layak, pada aspek materi diperoleh persentase sebesar 81,9% yang dikategorikan sangat layak, pada aspek bahasa diperoleh persentase sebesar 91,7% yang dikategorikan sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan berrpikir kritis siswa SMA berada pada kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 86,2% dan hasil persepsi peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 86,06%.


 


Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis.


 


ABSTRACT

 


This study aims to produce LKPD Oriented Scientific Approach on the material of temperature and heat to practice critical thinking skills of high school students. The method used in this study is the R&D (Research and Development) method with a 4-D development model, but in this study it was carried out to the 3-D stage consisting of define, design, and develop. Based on the results of expert validation on the media aspect, it was obtained a percentage of 85% which was categorized as very feasible, in the material aspect a percentage of 81.9% was obtained which was categorized as very feasible, in the language aspect a percentage of 91.7% was obtained which was categorized as very feasible. So, it can be concluded that the Scientific Approach Oriented LKPD on temperature and heat materials to train high school students' critical thinking skills is in the very feasible category with an average percentage of 86.2% and the students' perception results with an average percentage of 86.06%.


 


Keywords: LKPD, Scientific Approach, Critical Thinking Skills.

Article Details

References

  1. Vitasari D, Rohayati S. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Mojoagung. J Pendidik Akunt. 2018;6(2):177–82.
  2. Suarti, Dkk. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statis, Elastisitas dan Hukum Hooke. 2020;8(1).
  3. Diani R. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2016;5(1):83.
  4. Herman, Aslim. Pengembangan Lkpd Fisika Tingkat Sma Berbasis Keterampilan Proses Sains. Pros Semin Nas Fis SNF2015 [Internet]. 2015;IV:113–8. Available from: http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/
  5. Endarma RM, Puspasari D. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban. J Pendidik Adm Perkantoran. 2019;8(3):504–15.
  6. Sari APP, Lepiyanto A. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scientific Approach Siswa Sma Kelas X Pada Materi Fungi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik Biol. 2016;7(1):41–8.
  7. Astuti S, Dkk. Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. 2018;1(2):30–42.
  8. Azizah, Dkk. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. J Penelit Pendidik. 2018;35(1):61–70.
  9. Ramli R, Dkk. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. J Eksakta Pendidik. 2020;4(1):10.
  10. Sukroyanti BA, Sufianti I. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Lensa J Kependidikan Fis. 2017;5(2):36.
  11. Khasanah SM, Supardi ZAI. Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. 2019;08(03):799–803.
  12. Asyhari A, Silvia H. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU. 2016;05(April):1–13.
  13. Sugiyono. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta; 2015.
  14. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2013.
  15. Prasiwi Y, Suliyanah. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Getaran Harmonik Sederhana. 2018;07(02):128–32.
  16. Sari, Dkk. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fluida Statis dengan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN Kota Bengkulu. 2020;1(1):1–9.