Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggembangkan media pembelajaran berbasis Microsoft Sway pada materi Termodinamka SMA Kelas XI. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D dan terdiri dari tahap pendefinisian atau define, perancangan atau design, dan pengembangan atau develop. Tahap define terdiri dari hasil studi literatur dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian ini yaitu pemilihan media dan materi perancangan, serta perancangan awal media pembelajaran. Tahap develop dalam penelitian ini merupakan validasi ahli yang terdiri dari 3 orang ahli. Hasil dari validasi ahli dengan aspek kelayakan isi sebesar 86,65%, aspek bahasa sebesar 92,7%, aspek penyajian sebesar 87,5%, dan aspek kegrafisan sebesar 75 %. Total validasi yang dilakukan oleh validator rata-rata sebesar 85,45%. Dengan demikian media pembelajaran Fisika Materi termodinamika SMA Kelas XI Berbasis Microsoft Sway memenuhi kriteria sangat layak diujicobakan di SMA pada siswa kelas XI.


 


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Online, Microsoft Sway, Termodinamika SMA Kelas XI


 


ABSTRACT


 


This study aims to describe and develop learning media based on Microsoft Sway on Newton's Laws of Motion in high school. The research was conducted at SMAN 4 Kepahiang. This research is a research and development (R & D) with the 4D method which has been modified into 3D and consists of the stages of defining or define, design or design, and development or develope. The define stage consists of the results of the literature study and needs analysis. The design stage in this research is the selection of media and design materials, as well as the initial design of learning media. The develop stage in this research is an expert validation consisting of 3 experts. The results of expert validation with content feasibility aspects are 86.65%, language aspects are 92.7%, presentation aspects are 87.5%, and graphic aspects are 75%. The total validation carried out by validators is 85.45% on average. Thus, the Physic’s media learning for senior high school grade XI Thermodynamics Material Based On Microsoft Sway meets the criteria very worthy of being tested in high school for class XI students.


 


Keywords : Learning Media, Online, Microsoft Sway, High School Grade XI Thermodynamics

Keywords

Media Pembelajaran Online Microsoft Sway Termodinamika SMA Kelas XI

Article Details

References

  1. Rosyidi, A. wahab. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Malamg Press.
  2. Usodo, Budi, et al. "Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft: Office Mix, Onenote, Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-guru Matematika SMA Di Kabupaten Sragen." Jurnal Pembelajaran Matematika, vol. 4, no. 9, 2016.
  3. Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya
  4. Astuti, L. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sway Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, (1), 163–174. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.588
  5. Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 218–227
  6. Lannueardy, E. (2015). Sway, Digital Storytelling Tool Dari Microsoft Kini Hadir Di Windows 10.
  7. Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
  8. Sugiyono. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta; 2015.
  9. Wijaya, I. 2018. Professional teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
  10. Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System
  11. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 1
  12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV