Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah Pre- Experiment dengan tipe One Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis pilihan ganda dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini dari perhitungan N-Gain menunjukkan nilai skor sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Rerata persentase untuk hasil angket respon siswa menunjukkan sebesar 82,5% dengan kategori mendapatkan respon positif peserta didik terhadap penerapan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran generatif berbasis peta konsep. Uji paired sample t-test memperoleh hasil tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa antara pretest dan posttest mengalami perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil beberapa uji yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran generatif berbasis peta konsep pada materi getaran harmonik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Kota Bengkulu.


                                                                                           


Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Generatif, Peta Konsep


 


ABSTRACT


 


This research aimed  to describe the improvement of student learning outcomes in the cognitive domain. This type of research is Pre-Experiment with the type of One Group Pretest-Posttest design. The population of this research is the students of class X MIPA SMAN 7 Bengkulu City in the academic year 2021/2022. The research sample was selected by random sampling technique as many as 33 students. The research instruments used were observation, interviews, multiple choice written tests and student response questionnaires. The results of this study from the N-Gain calculation show a score of 0.50 in the medium category. The average percentage for the results of the student response questionnaire showed 82,5% with the category of getting a positive response from students towards the application of physics learning tools using a generative learning model based on concept maps. Paired sample t-test results obtained a significance level of 0.000 <0.05, which means that there is a significant difference between the pretest and posttest. Based on the results of several tests conducted, it can be concluded that the implementation of a generative learning model based on concept maps on harmonic vibration material can improve the learning outcomes of class X MIPA students at SMAN 7 Bengkulu City.


 


Keywords : Learning Outcomes, Generative Learning Model, Concept Map

Keywords

Hasil Belajar Model Pembelajaran Generatif Peta Konsep

Article Details

References

  1. Arsihna NP, Supurwoko, Wahyuningsih D. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa CD Interaktif Berbasis Power Point Materi Usaha dan Energi Untuk SMP Kelas VIII. J Pros Semin Nas Fis dan Pendidik Fis [Internet]. 2014;5(1):158–64. Available from: https://media.neliti.com
  2. Riyanti H, Anwar Y, Madang K. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Sistem Sirkulasi. 2013;58–65.
  3. Safitri G, Holiwarni B, Copriady J. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Pekanbaru. 2017;1–14.
  4. Ismiazizah N, Prihandono T, Harijanto A. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Tempeh. J Pembelajaran Fis. 2017;6(4):383–9.
  5. Nababan R, Rohadi N, Purwanto A. Pengembangan perangkat pembelajaran momentum dan impuls berbasis peta konsep dan berpola model pembelajaran generatif. Amplitudo J Ilmu dan Pembelajaran Fis. 2021;2(1):73–81.
  6. Midroro JN, Prastowo SHB, Nuraini L. Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. J Pembelajaran Fis. 2021;10(1):8.
  7. Sugiyono PD. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA; 2013.
  8. Ariyanto M, Kristin F, Anugraheni I. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. J Guru Kita. 2018;2(3):106–15.
  9. Mahyuddin RS, Wati M, Misbah M. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantuan Software Prezi Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berk Ilm Pendidik Fis. 2017;5(2):229.
  10. Ibrahim E, Yusuf M. Implementasi Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model React Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha Dan Energi. Jambura Phys J. 2019;1(1):1–13.
  11. Hamdani D, Kurniati E, Sakti I. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. J Exacta [Internet]. 2012;Vol. X No.(1):79–88. Available from: http://repository.unib.ac.id/496/
  12. Susanti L, Darmawan H, Boisandi. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Kerangk. 2019;2(1):11–6.
  13. Rosdianto H. Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. J Pendidik Fis dan Keilmuan. 2017;3(2):66.
  14. Amelia D, Hasil A, Matematika B, Pada S, Bahasan P, Amelia D, et al. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember Basic Cognitive Bloom Taxonomy Class VII-A in SMPN 14 Jember ). 2015;
  15. Isworo D, Sunarno W, Wahyuningsih D. Hubungan Antara Kreativitas Siswa dan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP kelas VIII. J Pendidik Fis. 2014;2(2):35–9.
  16. Umaeza A. Hubungan Antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa kelas XI Semester Genap SMA dan MA se-Kecamatan Pleret Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. 2016;
  17. Kusumawati I, Yanto T. Pengaruh Model Generative Learning ( GL ) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika. 2021;4(1):9–14.
  18. Irwandani I. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2015;4(2):165–77.
  19. Harum CL, Tarmizi, Hamid A. Penerapan Model Pembelajaran Generatif erbantu Simulasi Physics Education Tecknology (PHET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J Ilm Mhs Pendidik Fis. 2017;2(1):1-10z.