Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis STEM berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian yang dilakukan di sini adalah jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan 4D (define, design, development, Dissemination).  Namun proses dalam Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Define saja. Sampel penelitian ini yaitu SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, SMA Negeri 7 Kota Bengkulu, dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu terdiri atas 75 siswa dan 3 guru fisika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan siswa yang didapatkan bahwa 93% dari 75 siswa sudah memiliki smartphone/laptop, dan 42% peserta didik menyatakan masih memerlukan bahan ajar yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja agar memudahkan dalam proses pembelajaran fisika. Ditinjau berdasarkan hasil wawancara guru fisika di SMA Negeri 5, 7, dan 9, setuju jika ada bahan tambahan yang dapat diakses dimana saja agar siswa dapat melaksanakan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Adapun fungsi dari penelitian ini sebagai pertimbangan dalam merancang produk pembelajaran berupa pengembangan LKPD berbasis STEM (science, technology, engineering, mathematics) berbantuan simulasi PhET untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis.


 


Kata Kunci:Kelayakan LKPD, Berbasis STEM, berbantuan simulasi PhET, Kemampuan Berfikir Kritis, Materi Listrik Dinamis.


 


ABSTRACT


 


Study was conducted to describe the feasibility of STEM-based LKPD assisted by PhET simulation to develop critical thinking skills in dynamic electrical materials. The type of research conducted here is the type of research and development (RnD) with a 4D development model (define, design, development, Dissemination). However, the process in this study was only carried out until the Define stage. The sample of this research is SMA Negeri 5 Bengkulu City, SMA Negeri 7 Bengkulu City, and SMA Negeri 9 Bengkulu City consisting of 75 students and 3 physics teachers. Data collection techniques using questionnaires, observations and interviews. The results of this study stated that based on the analysis of student needs, it was found that 93% of 75 students already had a smartphone/laptop, and 42% of students stated that they still needed teaching materials that could be used anywhere and anytime to facilitate the physics learning process. Judging by the results of interviews with physics teachers at SMA Negeri 5, 7, and 9, it is agreed that there are additional materials that can be accessed anywhere so that students can carry out learning both at school and at home. The function of this research is to be considered in designing learning products in the form of developing STEM-based worksheets (science, technology, engineering, mathematics) assisted by PhET simulations to foster students' critical thinking skills in dynamic electrical materials.


 


Keywords: LKPD Feasibility, STEM-based, PhET simulation assisted, Critical Thinking Ability, Dynamic Electrical Material.

Keywords

Kelayakan LKPD Berbasis STEM Berbantuan simulasi PhET Materi Listrik Dinamis Kemampuan Berpikir Kritis

Article Details

References

  1. Nugraha M. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi J Keilmuan Manaj Pendidik. 2018;4(01):27.
  2. Sartika D. Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan. 2019;3(3):89–93.
  3. Riyanto, Fauzi R, Syah IM, Muslim UB. Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2013. 1689–1699 p.
  4. Paringin S, Mata P, Ipa P. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix. Pros Konf Nas Penelit Mat dan Pembelajarannya. 2016;(2006):179–86.
  5. Wardhany RPK. Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. J Pembelajaran Fis. 2014;
  6. Dewi AP. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Science , Technology , Engineering , and Mathematic ( STEM ) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. 2019;
  7. Umbaryati. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 2016 Pros Semin Nas Mat IX 2015. 2016;1(9):217–25.
  8. Sari DP, Achmad L, Ahmad Q. Uji Coba Pembelajaran IPA dengan LKS sebagai Penunjang Media Virtual PhET pada Materi Hukum Archimedes. J Pendidik Sains e-Pensa. 2013;1(2):15–20.
  9. Widianawatia S, Sulisworo D. Perancangan lembar kerja peserta didik berbasis STEM pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Berk Fis Indones J Ilm Fis Pembelajaran dan Apl. 2020;11(2):68.
  10. Intandari R, Maryani M, Astutik S. Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Getaran Harmonis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sma. J Pembelajaran Fis. 2016;7(4), 349-:349–55.
  11. Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
  12. Anesia, Regita., Anggoro, B. S., & Gunawan I. Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indones J Sci Math Educ. 2018;01.
  13. Yulia I, Connie C, Risdianto E. Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(3):64–70.