Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan model interactive conceptual instruction berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA. Penelitian ini dilakukan di dua kelas X IPA SMA N 8 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling diperoleh siswa kelasX IPA 1 sebagai kelas uji coba(eksperimen) dan siswa kelas X IPA 3 kelas kontrol. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa dari kelas X IPA 1 dan 33 siswa kelas X IPA 3. Jenis penlitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control gruop design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan dan tes untuk hasil belajar fisika. Analisis data menggunakan uji t sample independent dengan rumus t test polled varian menggunakan SPSS, uji Effect Size dengan rumus Cohens’d serta uji N-gain untuk hasil belajar fisika. Hasil penelitan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara yang menggunakan model interactive conceptual instruction dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (sig.(2-tailed) sebesar 0,020<0,05). Sedangkan besar pengaruh, menurut Cohens’d sebesar 0,57 dengan persentase 69 % untuk hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model interactive conceptual instruction berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA.


 


Kata kunci: Model Interactive Conceptual Instruction,Hasil belajar siswa, media Interaktif


 


ABSTRACT

 


This study aims to explain whether there is a significant effect of the application of interactive conceptual instruction model assisted by interactive media on student physics learning outcomes in high school. This research was conducted in two class X IPA SMA N 8 Bengkulu City. The sample of this study was taken using simple random sampling technique obtained by students of class X IPA 1 as a test class (experimental) and students of class X IPA 3 as a control class. The number of students involved were 66 students consisting of 33 students from class X IPA 1 and 33 students from class X IPA 3. This type of research was a Quasi Experiment Research type of nonequivalent control group design. Data collection techniques used questionnaires student respons and implementation observation sheet and tests for physics learning outcomes. Data analysis used independent sample t test with polled variance t test formula using SPSS, Effect Size test with Cohens'd formula and N-gain test for physics learning outcomes. The results of the research show that there is a significant effect on student learning outcomes between those who use the interactive conceptual instruction model and students who are taught using the conventional learning model (sig. (2-tailed) of 0.020<0.05). While the influence, according to Cohens'd, is 0.57 with a percentage of 69% for student learning outcomes, so it can be concluded that the interactive conceptual instruction model has a significant effect on student physics learning outcomes in high school.


 


Keywords: Interactive Conceptual Instruction Model, Student Learning Outcomes, Interactive Media.

Keywords

Model Interactive Conceptual Instruction Hasil Belajar Siswa Media Interaktif

Article Details

References

  1. Fadhli M. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 2017;1(2):215.
  2. Pane A, Darwis Dasopang M. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 2017;3(2):333.
  3. Suparmita IM, Setuti NM, Suarjana IM. Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (Ici) Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha. 2013;1(1).
  4. Ariawan R. Metode Penelitian. Bandung: UPI; 2013.
  5. Azimi, Ani Rusilowati S. Pancasakti Science Education Journal. 2017;2:145–57.
  6. Novita L, Sukmanasa E, Yudistira Pratama M. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education. 2019;3(2):64–72.
  7. Setiono MA, Riwinoto. Analisa Pengaruh Visual Efek terhadap Minat Responden Film Pendek Eyes For Eyes pada bagian Pengenalan Cerita (Part 1) dengan Metode Skala Likert. Jurnal Komputer Terapan. 2015;1(2):29–36.
  8. Desy K, Kusumayani A, Nyoman D, Ketut SI, Pendidikan J, Sekolah G. Pengaruh Model Ici (Interactive Conceptual Instruction) Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas iv SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2014;2(1).
  9. Nuraini NKE, Zulaika S, Ganing NN. Penerapan Model Interactive Conceptual Intruction ( Ici ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar No . 2 Sangeh ,. 2014;2(1).
  10. Duta Maya Pada. Pengaruh Model Interactive Conceptual Instruction (ICI) Terhadap kemempuan Kognitif Siswa Pada Konsep Usaha dan Energi. Vol. 3. 2019.
  11. Syahrul KM, Ruslan LM, Irna M. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Noken. 2018;3(2).
  12. Salamah U, Kendari K, Tenggara S, Belajar H, Fisika P. Upaya Memperbaiki Miskonsepsi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi-Ipa 1 Sman 2 Bau-Bau Melalui Penerapan Model Pembelajaran Ici ( Interactive Conceptual Instruction ) Berbantuan Lks, 3(1), 1–10. 2020;3(1):1–10.
  13. Zahra SM. Penerapan Model Pemmbelajaran Interacctive Conceptual (ICI) untuk meningkatatkan pemahan konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor. Uin Sunan Gunung Jati. 2017;