Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan persepsi peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D dengan langkah-langkah define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non tes yang menggunakan data observasi, review document, dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5, 7, dan 9 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis POE untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase rata-rata 95,06% sehingga layak diujicobakan serta mendapatkan persepsi sangat baik dari peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 85,69%.


 


Kata kunci: e-LKPD, POE, Kemampuan Berpikir Kritis.


 


ABSTRACT


 


This study aims to describe the feasibility and students' perceptions of the Predict Observe Explain (POE) based Electronic Student Worksheet (e-LKPD) to practice critical thinking skills. This research is a research and development (R&D) with a 3D model with the steps of define, design, and develop. Data collection techniques are non-test techniques that use observation data, document reviews, and questionnaires. Data analysis techniques are descriptive, qualitative, and quantitative methods. The subjects used in this study were physics teachers and class XI students at SMA Negeri 5, 7, and 9 Bengkulu City. The results of this study can be concluded that the POE-based e-LKPD to train critical thinking skills developed is included in the very feasible criteria with an average percentage of 95,06% so that it is worth trying out and getting very good perceptions from students with an average percentage of 85,69%.


 


Keywords: e-LKPD, POE, Critical Thinking Ability.

Keywords

e-LKPD POE Kemampuan Berpikir Kritis

Article Details

References

  1. Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2016. 3 p.
  2. Budiman H. PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Islam. 2017;8.
  3. Kemendikbud. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2013.
  4. Firdayanti R, Fajrie N, Sumarwiyah S. Penerapan Model Numbered Head Together Berbantu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2021;2(2):68–73.
  5. Verawati, Desprayoga. Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 2019;2:999–1015.
  6. Hendrayati H, Pamungkas B. Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2016;13(2).
  7. Fatimah N, Harijanto A, Studi P, Fisika P, Unej UJ. Pengembangan LKS Model POE ( Prediction , Observation , Explanation ) Untuk Pembelajaran Fisika di SMA ( Uji Coba Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke ) Development of LKS POE Model ( Prediction , Observation , Explanation ) For Physics Learning. :4–8.
  8. Prastika Y, Masniladevi. Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies . 2021;4(1):2601–14.
  9. Hidayah AN, Winingsih PH, Amalia AF. Development Of Physics E-LKPD (Electronic Worksheets) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. 2020;7(2).
  10. Syarifatul Falah , Hartono IY. Unnes Physics Education Journal. 2017;6(2).
  11. Munawwara, Putri DH, Hamdani D. Pengembangan LKPD fisika berbasis predict observe explain pada konsep suhu dan kalr untuk membekalkan HOTS peserta didik di SMAN kota Bengkulu. Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika. 2021;1(1):19–26.
  12. Dezricha Fannie R, Rohati. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS POE (Predict, Observe, Explain) PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XII SMA. Jurnal Sainmatika. 2014;8(1):96–109.
  13. Sulistiani E, Masrukan. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016. 2016;605–12.
  14. Ennis RH. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critikal Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois; 2011.
  15. Nuryanti L, Zubaidah S, Diantoro M. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 2018;(2006):155–8.
  16. Patonah S. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2014;3(2):128–33.
  17. Susilawati E, Agustinasari, Samsudin A, Siahaan P. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). 2020;6(1).
  18. Fitriyah IMN, Ghofur MA. Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2021;3(5).
  19. Lestari DD, Muchlis. E-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 2021;5(1).
  20. Syarifatul Falah , Hartono IY. Unnes Physics Education Journal. 2017;6(2).
  21. Anggraini SAP, Lesmono AD, Handono S. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana di MAN. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017. 2017;2(September):1–6.
  22. Taqwa MRA, Faizah R, Rivaldo L. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS POE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS. Jurnal Pendidikan Fisika. 2019;4(1):1–5.