Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, karakteristik perangkat dan respon guru terhadap perangkat
pembelajaran rangkaian listrik DC berbasis model mental dan berpola model PBL untuk meningkatkan representasi
gambar dan grafik fisika. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and development (R&D dengan mengacu pada
model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan langkah-langkah difine, design, dan develop. Teknik pengumpulan
data yaitu menggunakan data observasi, review document, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif, kualitatif
dan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru fisika XII di SMAN 2, SMAN 6 dan SMAN 7
Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpilkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkam
termasuk dalam mkriteria sangat layak berdasarka validasi ahli dengan persentasi rata-rata 82% dan memiliki
karakteristik tersendiri sehingga layak diujicobakan serta serta mendapatkan respon sangat baik dari guru terhadap
keterbacaan terhadap perangkat pembelajaran dengan persentase rata-rata 87%.
Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Mental, Model PBL, Representasi Gambar dan grafik
ABSTRACT
This study aimed to describe the feasibility, characteristics of the device and the teacher's response to learned devices
for DC electric circuits based on mental models and patterned PBL models to improved the representation of physics
images and graphics. This study used the research and development (R&D) method with reference to a 4D model that is
modified into 3D with the steps of refine, design, and develop. Data collection techniques used observation data,
document review, and questionnaires. Data analysis techniques were descriptive, qualitative and quantitative. The
subjects used in this study were physics teachers at SMAN 2, SMAN 6 and SMAN 7 Bengkulu City. Based on these
results, it can be concluded that the learned tools developed is included in the very feasible criteria based on expert
validation with an average percentage of 82% and have their own characteristics so that they were worthy of being
tested and got a very good response from the teacher on the readability of learning devices with an average percentage
an average of 87%.
Keywords: Learning Device Development, Mental Model, PBL Model, Image and Graphic Representation

Article Details

References

  1. Siti Chodijah, Ahmad Fauzi RW. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang dilengkapi Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. J Penelit Pembelajaran Fis. 2012;1–19.
  2. Sukmadinata N. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2006.
  3. Anwar M. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prandamalia; 2018.
  4. Pembelajaran PPGM. No Title. J Iqra’ Kaji Iimu Pendidik. 2018;373–90.
  5. Herpic Z& R. Propogation, Identifiying Students’ Mental Model OF SoundNo Title. Phiysics Educ Reasearch. VI:186–91.
  6. Khazanah, N; wartono; Yulia L. Analysis of Mental of Students Using Isomorphic Problem in Dynamics of Rotation Montion Topic. J Pendidik IPA Indones. 2016;186–91.
  7. Rohadi, N; Sertiawan, I; Swistoro E. Descriptive Qualitative Analisis Based on Physics Mental Model of Student’ Cognitif Understanding on the Concepts of Kinematics Partile and Parabolic and Montion. J Pembelajaran Fisia. 2020;121–8.
  8. Dewi, Komang Melina; Wayan SS. Model Mental Siswa Tentang Termokimia. 2018;1–8.
  9. Purnamasari, I; Yulianti L; dIANTORO M. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Mental Siswa pada Materi Fluida Statis. J Pendidik. 2018;1299–302.
  10. Nurrrahmawati. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Listrik DC. 2018;
  11. Baiq Ewik Juniarti, Hairunnisyah Sahidu NNSPV. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mata Pelaajaran 2014/1015. J Pendidik Fis dan Teknol. 2015;I:185–90.
  12. Slameto. Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Semarang: Widya Sari Press; 2011.
  13. Yuliasari E. Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditijau dari Kemandirian Belajar. J Ilm Pendidik Mat. 2017;I:1–10.
  14. Sudi Dul Aji, Muhammad Nur Hudha AYR. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Sci Educ J. 2017;I:36–51.
  15. Yustianingsih RYH. Pengembngan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Msalah Peserta didik Kelas VII. 2017;1:258.
  16. Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
  17. Faizah, Miswadi H. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skil dan Pemahaman Konsep. J Pendidik IPA Indones. 2013;II:120–8.