Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi perangkat tes berbasis multiple intelligence pada materi
gelombang di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan
perangkat tes berbasis multiple intelligence pada materi gelombang. Model pengembangan yang digunakan yaitu model
3D dengan langkah-langkah define, design, dan develop. Validasi dilakukan oleh 3 ahli untuk menilai produk yang
dikembangkan dari aspek materi, aspek konstruksi, dan aspek bahasa. Berdasarkan hasil uji validasi didapatkan persentase
pada aspek materi sebesar 99,67% dengan kategori sangat layak, aspek konstruksi sebesar 94,89% dengan kategori sangat
layak, dan aspek bahasa sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan
bahwa perangkat tes berbasis multiple ilntelligence pada materi gelombang yang dihasilkan sudah valid dengan persentase
rata-rata sebesar 95,69% dengan kategori sangat layak.
Kata kunci: Perangkat Tes, Multiple Intelligence, Gelombang
ABSTRACT
This study aims to describe the content validity of multiple intelligence-based test instrument on wave material in senior
high school. This research is a research and development (R&D) that aims to produce multiple intelligence-based test
instrument on wave material. The development model used is a 3D model with the steps of define, design, and develop.
Validation test was carried out by 3 experts to assess the product developed from the material aspect, construction aspect,
and language aspect. Based on the results of the validation test, the percentage on the material aspect was 99.67% with a
very feasible category, 94.89% in the construction aspect with a very feasible category, and 92.5% in the language aspect
with a very feasible category. Based on these results, it can be inferred that the test instrument based on multiple
intelligences on the wave material produced has been valid with an average percentage of 95.69% in the very feasible
category.
Keywords: Test Instrument, Multiple Intelligence, Wave
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Authors

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Kemendikbud. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Indonesia; 2003.
- Mardapi D. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press; 2008.
- Uno HB, Koni S. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.
- Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama; 2016.
- Zamzaili. Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press; 2010.
- Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2017.
- Ula SS. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2013.
- Azarmi B, Jahangard A, Movassagh H. Learners Test Performance and Gardner`s Multiple Inteligence Theory: Intercorrelation in a Bilingual Context. BRAIN: Broad Research in Artificial Intelligence & Neuroscience. 2012 Dec;3(4):51–5.
- Armstrong T. Multiple Intelligences in The Classroom . 3rd ed. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development; 2009.
- Said A, Budimanjaya A. 95 STRATEGI MENGAJAR MULTIPLE INTELLIGENCES: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama; 2015.
- Thobroni M. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2015.
- Negara DAK, Wiyono BD. Pengembangan Aplikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Untuk Perencanaan Studi Lanjut Kelas IX SMP Negeri 40 Surabaya. Jurnal Bk Unesa. 2018;388–96.
- Mediartika N, Aznam N. Pengembangan instrumen penilaian portofolio berbasis multiple intelligence untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2018 Apr 24;4(1):52–63.
- Setemen K. Pengembangan dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan [Internet]. 2018;15(2):178. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
- Thiagarajan S, Semmel DS, Semmel MI. Instructional Develpoment for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington; 1974.
- Laksmiwati PA, Retnowati E. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Kecerdasan Majemuk Siswa SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 2019 Jun 28;14(1):1–11.
Referensi
Kemendikbud. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Indonesia; 2003.
Mardapi D. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press; 2008.
Uno HB, Koni S. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama; 2016.
Zamzaili. Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press; 2010.
Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2017.
Ula SS. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2013.
Azarmi B, Jahangard A, Movassagh H. Learners Test Performance and Gardner`s Multiple Inteligence Theory: Intercorrelation in a Bilingual Context. BRAIN: Broad Research in Artificial Intelligence & Neuroscience. 2012 Dec;3(4):51–5.
Armstrong T. Multiple Intelligences in The Classroom . 3rd ed. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development; 2009.
Said A, Budimanjaya A. 95 STRATEGI MENGAJAR MULTIPLE INTELLIGENCES: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama; 2015.
Thobroni M. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2015.
Negara DAK, Wiyono BD. Pengembangan Aplikasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Untuk Perencanaan Studi Lanjut Kelas IX SMP Negeri 40 Surabaya. Jurnal Bk Unesa. 2018;388–96.
Mediartika N, Aznam N. Pengembangan instrumen penilaian portofolio berbasis multiple intelligence untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2018 Apr 24;4(1):52–63.
Setemen K. Pengembangan dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan [Internet]. 2018;15(2):178. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Thiagarajan S, Semmel DS, Semmel MI. Instructional Develpoment for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington; 1974.
Laksmiwati PA, Retnowati E. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Kecerdasan Majemuk Siswa SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 2019 Jun 28;14(1):1–11.