Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course  pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 15 butir pertanyaan yang diberikan kepada 89 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 3, SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course  pada materi kesetimbangan benda tegar dan dinamika rotasi berada pada kategori baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai persepsi siswa tehadap media pembelajaran, hampir semuanya dijawab dengan persentase besar berada pada pilihan jawaban sangat baik dan baik.. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan rata-rata persentase aspek isi/materi 72,61 %, aspek tampilan 77,59 %, aspek kebermanfaatan 77,03 %, dan aspek minat 71,91 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari keempat aspek tersebut bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata keseluruhan 74,98 %.


 


Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Media Pembelajaran, web enhanced course , Kesetimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi, Minat Belajar


 


ABSTRACT


 


This study aims to conduct a readability test to describe students' perceptions of the web-enhanced course-based physics learning media on rigid body equilibrium and rotational dynamics. This type of research is development research. The research instrument used was a student perception questionnaire with 15 questions given to 89 respondents who were students in 3 schools, namely SMA Negeri 3, SMA Negeri 6 and SMA Negeri 9 Bengkulu City. In this study, data analysis used quantitative descriptions. Based on the results of the data obtained, it can be concluded that the web-enhanced course-based physics learning media on rigid body equilibrium and rotational dynamics is in the good category based on students' perceptions. This is based on the data obtained that of all statements regarding students' perceptions of learning media, almost all of them were answered with a large percentage being in very good and good answer choices. Based on the data obtained, the average percentage of content/material aspects was 72.61 %, 77.59% display aspect, 77.03 % usefulness aspect, and 71.91% interest aspect. So it can be concluded from the four aspects that the media developed is in a good category with an overall average percentage of 74.98%.


 


Keyword : Student Perception, Learning Media, web enhanced course , Rigid Body Equilibrium and Rotational Dynamics, Learning Interest

Article Details

References

  1. Mahkota, Suyatna A, Suyanto E, Putu Nyeneng ID. Pengembangan Buku Sekolah Elektronik Interaktif Berbasis LCDS Pada Materi Teori Relativitas Khusus Sebagai Bahan Ajar Mandiri Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa. J Pembelajaran Fis. 2019;6(1):22–34.
  2. Uno HB, Ma’ruf ARK. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP - J Teknol Pendidik. 2016;18(3):169–85.
  3. Januarisman E, Ghufron A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. J Inov Teknol Pendidik. 2016;3(2):166.
  4. Purmadi A, Surjono HD. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. J Inov Teknol Pendidik. 2016;3(2):151.
  5. Putri AC. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik. Metode penel. 2015;IV:165–8.
  6. Irwandani. Model Pembelajaran Just in Time Teaching (Jitt) Berbantuan Website Pada Topik Listrik Arus Bolak-Balik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma. J Ilm Pendidik Fis Al-Biruni. 2014;Vol. 3(No. 2):15–1.
  7. Rusman, Deni Kurniawan CR. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, “Mengembangkan Profesionalitas Guru". Jakarta: Rajawali Pers; 2012.
  8. Rusman MP. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta; 2018.
  9. Shabrina A, Diani R. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web enhanced course dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indones J Sci Math Educ. 2019;
  10. Arsi F, Febrianti KV. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Pros Semin Nas Fis dan Pendidik Fis. 2014;5:33–42.
  11. Yanti DN, Banuwa IS, Safe’i R, Wulandari C, Gumay Febryano I. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat pada KPH Gedong Wani. J Hutan dan Masy. 2017;9(2):61.
  12. Tuty DWN, Widiyanti E, Utami BW. Korelasi Faktor Pembentuk Persepsi Dengan Persepsi Konsumen Terhadap Media Pemasaran Online (www.goodplant.co.id). Caraka Tani J Sustain Agric. 2018;32(2):108.
  13. Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
  14. Romansyah K. Pedoman Pemilihan Dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. 2016;XVII(2).
  15. Magdalena I, Sundari T, Nurkamilah S, Amalia DA, Tangerang UM. Analisis bahan ajar. 2020;2:311–26.
  16. Puspita SD. Respon siswa terhadap modul sistem ekskresi manusia pada pembelajaran biologi kelas xi sma. 2017;