Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berorientasi strategi REACT untuk melatihkan kemampuan problem solving siswa pada materi getaran harmonik di
SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 4D yang telah dimodifikasi
menjadi 3D dan terdiri dari tahap pendefinisian atau define, perancangan atau design, dan pengembangan atau
develope. Tahap define terdiri dari hasil observasi, studi literatur, dan analisis kebutuhan. Tahap design pada penelitian
ini yaitu pemilihan media dan materi perancangan, serta perancangan awal LKPD. Tahap develop dalam penelitian ini
merupakan validasi ahli yang terdiri dari 4 orang ahli. Hasil dari validasi ahli dengan aspek kelayakan isi, bahasa,
penyajian, dan kegrafisan yang dilakukan oleh validator rata-rata sebesar 95,96%. Karakteristik LKPD yang
dikembangkan berupa Self instructional, Self contained, Stand alone, Adaptif, User friendly untuk melatih kemampuan
Problem Solving berorientasi strategi REACT pada siswa SMA kelas X. Dengan demikian LKPD berorientasi strategi
REACT pada materi getaran harmonik memenuhi kriteria sangat layak diujicobakan di SMA.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, REACT, Problem Solving, Getaran Harmonik
ABSTRACT
This study aims to describe the eligibity and the Student Worksheet (LKPD) which is oriented towards the REACT
strategy to practice the problem solving skills on harmonic vibration material in Senior High School. This research
was a research and development (R & D) with the 4D method which has been converted into 3D and consisted of the
stages of define, design, and develope. The define stage consisted of the results of observations, literature studies, and
the needs analysis. The design stage in this research was media selection and material design, as well as the initial
design of LKPD. The develop stage in this study is an expert validation consisting of 4 experts. The results of expert
validation with aspects according to content, language, presentation, and graphics that carried out by validators were
an average of 95.96%. The characteristics of the LKPD developed in the form of Self-instructional, Self-contained,
Stand alone, Adaptive, User friendly to train Problem Solving skills oriented to the REACT strategy in the class X
Senior High School students. Thus, the LKPD oriented to the REACT strategy on harmonic vibration material resulted
the criteria very feasible to be tested in Senior High School.
Keywords: Student Worksheet, REACT, Problem Solving, Harmonic Vibration

Article Details

References

  1. Kurniawan DA, Perdana R, Pathoni H. Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2019;8(1):34–43.
  2. Setiadi H. Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. J Penelit dan Eval Pendidik. 2016;20(2):166–78.
  3. Nolinda Y. Pengembangan LKPD IPA Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada Organ Pernapasan. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.
  4. Lestari, A. V., & Nisa K. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligence pada Materi Enzim Siswa SMA. 2018;3(2).
  5. Harefa D. Prosiding Seminar Nasional Sains Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Telukdalam Kata kunci : 2020;1(1):103–16.
  6. Novri US, Zulfah Z, Astuti A. Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. J Cendekia J Pendidik Mat. 2018;2(2):81–90.
  7. Adawiyah R Al, Lesmono AD, Prastowo SHB. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasis React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. J Pembelajaran Fis. 2018;7(2):202–9.
  8. Hakim ML. Model pembelajaran REACT untuk Pelajaran IPA. Edudeena. 2017;1(1):53–62.
  9. Shilphy A. Octavia. Model-model pembelajaran. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA; 2020.
  10. Zahro UL, Serevina V, Astra M. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2017;2(1):4–9.
  11. Jesisca C. Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Strategi REACT Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMAN Kota Bengkulu. 2020;
  12. Wijaya H. Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik. 2019;21–40.
  13. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alf. 2019;
  14. Novianto NK, Masykuri M, Sukarmin S. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. INKUIRI J Pendidik IPA. 2018;7(1):81.
  15. Hayati S, Budi AS, Handoko E. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Pros Semin Nas Fis SNF2015. 2015;IV:49–54.
  16. BAGUS PRASETYO E. Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atapdi Kelas Xii-Tgb 2 Smk Negeri Kudu. J Kaji Pendidik Tek Bangunan. 2017;2(2/JKPTB/17).