Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk 1)mendeskripsikan proses pembelajaran tatap muka shift pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lebong dan 2)mendeskripsikan keefektifan proses pembelajaran tatap muka shift pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif (descriptive research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA dan guru fisika SMA Negeri 1 Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data angket yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Likert yang  diinterpretasikan ke dalam bentuk persentase sedangkan analisis data wawancara menggunakan aplikasi Nvivo 12. Berdasarkan hasil analisis data angket dan wawancara diketahui bahwa 1)proses pembelajaran tatap muka shift pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lebong berjalan sesuai pedoman pelaksanaan pendidikan dan memenuhi standar protokol kesehatan pandemi covid-19, 2)keefektifan pembelajaran tatap muka shift pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lebong berada pada kategori efektif dengan persentase sebesar 79%.


 


Kata kunci : keefektifan pembelajaran, pembelajaran tatap muka shift, pembelajaran fisika


 


ABSTRACT


 


This study aims to 1) describe the shift face-to-face learning process in physics learning at SMA Negeri 1 Lebong and 2) describe the effectiveness of the shift face-to-face learning process in physics learning at SMA Negeri 1 Lebong. The research method used is descriptive research method (descriptive research). The research subjects were students of class XI science and physics teachers at SMA Negeri 1 Lebong. Data collection techniques used in this study were questionnaires and interviews. Questionnaire data analysis techniques used in this study is a Likert scale interpreted in terms of percentage while the interview data analysis usingapplication  NVivo 12. Based on the results of data analysis of questionnaires and interviews note that 1) the shift face-to-face learning in physics teaching in Senior High School 1 Lebong runs according to educational implementation guidelines and meets the Covid-19 pandemic health protocol standards, 2) the effectiveness of shift  face-to-face learning in physics learning at SMA Negeri 1 Lebong is in the effective category with a percentage of 79%. 


 


Keywords: learning efectivity, shift face-to-face learning, physics learning

Article Details

References

  1. Lee A. 2020. Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging?. Public Health. 179 (A1-A2). Doi: 10.1016/J.Puhe.2020.02.001.
  2. Sulha. 2020. Penerapan Montessori Dalam Pembelajaran Mat Melalui Luring Sebagai Altern Masa Pandemi. Prismatika: Jurnal Penddidikan dan Riret Matematika. 3 (1), 22-30. https://doi.org/10.33503/prismatika.v3i1.1010
  3. Budyartati S. 2016. Keefektifan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Percobaan II Depok Sleman. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 3(1), 88-108. Doi: 10.25273/Pe.V3i01.61.
  4. Jalal M. 2020. Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. Smart Kids. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1), 35-40. Doi: 10.30631/Smartkids.V2i1.61.
  5. Lisa Fitriani. 2020. Efektivitas Pembelajaran Luring Sistem Shift Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Di SDN 26 Kabupaten Sarolangun. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/18406/.
  6. Hakim LN. 2013. Ulasan Metodologi Kualitatif : Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal-Jurnal Masalah Sosial. 4(2). 165–72. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501/397
  7. Shinta Kurnia Dewi. 2018. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Tik. J Prima Edukasia. 3(1):13–8. http://eprints.uny.ac.id/21296/1/2007520241026
  8. P R. Novalita. 2014. Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Pelakasanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). 14(2), 56–61.
  9. Anugrahana A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3):282–9. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
  10. Sulaiman Raden. 2021. Efektivitas Pembelajaran Di Setara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika. 10(2):59–66. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p433-438.
  11. Novianti NR. 2011. Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran Proses Pembelajaran Penelitian pada SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat). Portal Jurnal UPI.1(1):158–66. http://jurnal.upi.edu/saung-guru/view/644/.
  12. Arnanto GC, Triyono MB. 2014. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet Di SMK Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. J Pendidik Vokasi. 4(3):318–32. Doi: 10.21831/Jpv.V4i3.2557.
  13. Susanto A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  14. Sudjana N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi ke-16). Bandung: Remaja Rosdakarya.
  15. Pransetyapri SE. 2018. Analisis Efektivitas Pembelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Al-Anwar Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 7(8). 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/27336