Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan dan mengetahui respon siswa terhadap LKPD fisika berbasis Predict Observe Explain untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi getaran harmonis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development Dan Dissemination, namun hanya dilakukan sampai tahap Develop. Validasi dilakukan oleh judgment ahli (dosen) dan praktisi (guru). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1, 6 dan 9 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil uji validasi aspek kelayakan isi sebesar 87%, kebahasaan 82%, penyajian 92% dan kegrafisan 83% dengan nilai rata-rata keseluruhan 86% dalam ketegori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan. setelah layak selanjutnya dilakukan respon siswa (uji keterbacaan). Adapun hasil respon siswa terhadap LKPD ini adalah dengan nilai sebesar 90% yang berada dalam kategori sangat baik.


 


Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, LKPD fisika, Predict Observe Explain, Kemampuan berpikir kritis


 


ABSTRACT


 This research was a research and development that aims to produced products, describe and determine student responses to physics worksheets based on Predict Observe Explain to train high school students critical thinking skills on harmonic vibration material. The development model used in this study was a 4D development model, namely Define, Design, Development, and Dissemination, but it has only been carried out until the Developed stage. Validation was carried out by judgment experts (lecturers) and practitioners (teachers). The subjects of this study were students of class X IPA SMAN 1, 6, and 9 Bengkulu City. Based on the validation test of the feasibility aspect of 87%, linguistics 82%, presentation 92%, and graphics 83% with an overall average value of 86% in the very good category, so it can be said that the worksheets that have been developed are feasible to used. After it is feasible, the student's response (readability test) was carried out. The results of student responses to this LKPD are with a value of 90% which is in the very good category. 


Keywords: Research and Development, LKPD Physics, Predict Observe Explain, Critical Thinking Skills.

Article Details

References

  1. Arumsari N, Fatmaryanti SD, Kurniawan E. Pengembangan Modul Barbasis Project Based Learning Untuk Mengoptimalkan Kemandirian dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2013 / 2014. 2014;5(1):35–40.
  2. Anggraini, Lesmono H. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS POE MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI MAN. Semin Nas Pendidik Fis 2017. 2017;2(September):1–7.
  3. Sulistiani E, Masrukan. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Semin Nas Mat X Univ Semarang 2016. 2016;605–12.
  4. Taqwa, Faizah R. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemapuan berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida Statis. Edufisika J Pendidik Fis Vol 4 Nomor 1, Juni 2019 Thomps. 2019;4:7–13.
  5. Patonah S. ELEMEN BERNALAR TUJUAN PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF SISWA SMP. J Pendidik IPA Indones. 2014;3(2):128–33.
  6. Fristadi R, Bharata H. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Semin Nas Mat dan Pendidik Mat UNY. 2015;597–602.
  7. Astuti RD, Suparno S. Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Materials Berbasis Kkni Untuk Meningkatkan Hots Dan Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. JPF (Jurnal Pendidik Fis FKIP UM Metro [Internet]. 2017;5(1):1–14. Available from: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/739
  8. Gazali E. Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Oasis. 2018;2(2):94–109.
  9. Adawiyah R Al, Lesmono AD, Prastowo SHB. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasis React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. J Pembelajaran Fis. 2018;7(2):202–9.
  10. Fatimah N, Harijanto A, Studi P, Fisika P, Unej UJ. Pengembangan LKS Model POE ( Prediction , Observation , Explanation ) Untuk Pembelajaran Fisika di SMA ( Uji Coba Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke ) Development of LKS POE Model ( Prediction , Observation , Explanation ) For Physics Learning in SMA ( Trial on Elasticity and Hooke Law ). :4–8.
  11. Hamdani MA. Strategi Belajar Mengajar. WANDI, editor. BANDUNG: CV PUSTAKA SETIA; 2011. 74 p.
  12. Prastowo A. panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. cetakan VI. Wijaya D, editor. yogyakarta: DIVA Press; 2015. 17 p.
  13. Syarifatul Falah , Hartono IY. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA LISTRIK DINAMIS BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Unnes Phys Educ J. 2017;6(2):97–102.
  14. Mariyana, Maison S. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI SUHU DAN KALOR SMP/MTs KELAS VII. J Edufisika Vol 3 Nomor 1, Juni 2018. 2018;3:97–108.
  15. Nurdyansyah, Mutala’liah N. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Sidoarjo Nizamia Learn center, 41. 2015;(20):1–10.
  16. Fathoni, Sudarti S. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI MEDAN MAGNET SMAN MUMBULSARI. Semin Nas Pendidik Fis 2018. 2018;3(2):221–6.