Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan respon peserta didik terhadap e-modul berbasis SSCS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket respon peserta didik dengan 22 butir pertanyaan yang diberikan kepada 45 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 4, 7, dan 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SSCS sangat baik berdasarkan respon peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap e-modul berbasis SSCS, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat setuju dan setuju. Ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar respon peserta didik. Dari data yang diperoleh juga didapatkan nilai Va sebesar 3.31 yang masuk ke kategori valid. Sedangkan nilai reliabilitas diperoleh sebesar 1.04, dan nilai tersebut lebih besar dari r tabel untuk df = 43 yaitu sebesar 0.2940, karena rhitung>rtabel maka masuk ke kategori reliabel.
Kata kunci :Respon Peserta Didik, Keterbacaan, E-Modul, SSCS, Berpikir Kreatif, Gelombang
ABSTRACT
This study aims to conduct a readability test to describe students' responses to SSCS-based e-modules. This type of research is development research. The research instrument used was a student response questionnaire with 22 questions given to 45 respondents who were students in 3 schools, namely SMA Negeri 4, 7, and 9 in Bengkulu City. In this study, data analysis used quantitative descriptions. Based on the results of the data obtained, it can be concluded that the SSCS-based e-module is very good based on student responses. This is based on the data obtained that of all statements regarding the readability of SSCS-based e-modules, almost all of them were answered with the largest percentage being in the answer choices strongly agree and agree. This means that students agree with the points offered in each statement that they fill out on the student response sheet. From the data obtained, the Va value of 3.31 was also obtained which entered the valid category. While the reliability value obtained is 1.04, and the value is greater than the r table for df = 43, which is 0.2940, because rcount> rtable, it is included in the reliable category.
Keywords: Student Response, Readability, E-Module, SSCS, Creative Thinking, Waves
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Authors

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Murfiah HU. Pembelajaran Terpadu ( Teori & Praktik terbaik Di sekolah). 1st ed. Bandung: PT Refika Aditama; 2017. 1 p.
- Aan Subhan Pamungkas. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru Sd. J Pendidik Sekol Dasar. 2017;3(2):228–40.
- yani ramdani. Jurnal 3. J Penelit Pendidik. 2016;13(1):1-undefined.
- Arlitasari O, Pujayanto P, Budiharti R. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. J Pendidik Fis. 2013;1(1):81–9.
- S.Sirate SF, Ramadhana R. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidik. 2017;6(2):316.
- Purwahida R. Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. AKSIS J Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2018;2(1):127–37.
- Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51.
- Afrizal mayub. Pembuatan Program Pembelajaran Berbantuan K omputer. 2019. 32 p.
- Puspitasari, Rina .Hamdani, Dedy. Risdianto E. Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. J Kumparan Fis. 2020;3(3):247–54.
- Oktaviana, Melva Putri. Desy Hanisa. Risdianto E. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA POKOK BAHASAN GERAK HARMONIK SEDERHANA DI SMA. J Kumparan Fis. 2020;3(2):131–40.
- Helna satriawati H. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber. E-jurnal Univ Yogyakarta. 2016;6(3):188–96.
- Rahmawati NT, Junaedi I, Kurniasih AW. Keefektifan Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes J Math Educ. 2013;2(3).
- Rahmatika F, Alimah S, Biologi J, Artikel S. Unnes Journal of Biology Education PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA PRAKTIKUM MANDIRI MATERI MOLLUSCA DAN ARTHROPODA Info Artikel. Unnes J Biol Educ. 2014;3(3):50229.
- Johan H. Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Merumuskan Dan Memilih Kriteria. J Exacta. 2012;X(2):140–2.
- Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
- Triyanto, J., Janjua, P. Z., Samad, G., Khan, N., Ishaq, M., Rumiati, A. T., … Tohirin, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Model Search Solve Create Share Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas Xi Mipa SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.
Referensi
Murfiah HU. Pembelajaran Terpadu ( Teori & Praktik terbaik Di sekolah). 1st ed. Bandung: PT Refika Aditama; 2017. 1 p.
Aan Subhan Pamungkas. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru Sd. J Pendidik Sekol Dasar. 2017;3(2):228–40.
yani ramdani. Jurnal 3. J Penelit Pendidik. 2016;13(1):1-undefined.
Arlitasari O, Pujayanto P, Budiharti R. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. J Pendidik Fis. 2013;1(1):81–9.
S.Sirate SF, Ramadhana R. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidik. 2017;6(2):316.
Purwahida R. Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. AKSIS J Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2018;2(1):127–37.
Solihudin JH T. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidik Fis. 2018;3(2):51.
Afrizal mayub. Pembuatan Program Pembelajaran Berbantuan K omputer. 2019. 32 p.
Puspitasari, Rina .Hamdani, Dedy. Risdianto E. Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. J Kumparan Fis. 2020;3(3):247–54.
Oktaviana, Melva Putri. Desy Hanisa. Risdianto E. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA POKOK BAHASAN GERAK HARMONIK SEDERHANA DI SMA. J Kumparan Fis. 2020;3(2):131–40.
Helna satriawati H. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber. E-jurnal Univ Yogyakarta. 2016;6(3):188–96.
Rahmawati NT, Junaedi I, Kurniasih AW. Keefektifan Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes J Math Educ. 2013;2(3).
Rahmatika F, Alimah S, Biologi J, Artikel S. Unnes Journal of Biology Education PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA PRAKTIKUM MANDIRI MATERI MOLLUSCA DAN ARTHROPODA Info Artikel. Unnes J Biol Educ. 2014;3(3):50229.
Johan H. Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Merumuskan Dan Memilih Kriteria. J Exacta. 2012;X(2):140–2.
Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
Triyanto, J., Janjua, P. Z., Samad, G., Khan, N., Ishaq, M., Rumiati, A. T., … Tohirin, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Model Search Solve Create Share Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas Xi Mipa SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.