Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK


 


Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk mengatasi penularan virus COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menjaga jarak. Melalui angket yang diisi oleh siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran pada saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berorientasi POE dengan mengadaptasi penelitian Research and Development dengan model 4D. Pengembangan yang terdiri dari 4 tahap: define (analisis kurikulum dan perangkat pembelajaran serta analisis kebutuhan pengembangan LKPD), design (merancang produk LKPD), development (validasi dan revisi produk), dan disseminate (uji coba pada pengguna). Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai pada  tahap pengembangan produk. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada LKPD berorientasi POE diperoleh validitas sebesar 0,93 (validitas tinggi). Sehingga LKPD berorientasi POE pada materi tekanan fluida statis layak untuk uji lapangan. Respon keterbacaan oleh 21 siswa pada aspek tampilan LKPD, penyajian materi LKPD, dan LKPD dilakukan kepada 21 siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Pada aspek materi pada materi tekanan fluida statis yang sudah dikembangkan memiliki persentase sebesar 86,73% (sangat baik). Pada aspek bahasa memiliki persentase sebesar 84,05% (sangat baik). Pada aspek ketertarikan memiliki persentase sebesar 82,74 % (sangat baik). Sehingga respon siswa terhadap uji keterbacaan produk LKPD berorientasi POE pada materi tekanan fluida statis yang telah dikembangkan didapatkan hasil setiap aspek memiliki  persentase 84,89% (sangat baik).


 


Kata Kunci : Research and Development, model 4D, LKPD, POE


 


ABSTRACT


 


The COVID-19 pandemic has spread throughout the world, including Indonesia. To overcome the spread of the COVID-19 virus, the government issued a policy to maintain social distance. Through a questionnaire filled out by students at SMP Negeri 17 Bengkulu City, it was found that students had difficulty understanding the subject matter during online learning. The purpose of this research is to develop LKPD POE oriented by adapting Research and Development research with a 4D model. The development consists of 4 stages: define (analysis of curriculum, learning tools and needs analysis of LKPD development), design (design LKPD products), development (validation and revision of products), and disseminate (test on users). However, this research is limited to the product development stage. The results of the validation that have been carried out by experts on  LKPD POE oriented obtained a validity of 0.93 (high validity). So that the LKPD POE oriented on static fluid pressure material is feasible for field testing. Readability responses by 21 students on the aspect of LKPD display, presentation of LKPD material, and LKPD were carried out to 21 students at SMP Negeri 17 Bengkulu City. In the material aspect, the static fluid pressure material that has been developed has a percentage of 86.73% (very good). In the language aspect, it has a percentage of 84.05% (very good). In the aspect of interest has a percentage of 82.74% (very good). So that the student response to the readability test of POE-oriented LKPD products on the static fluid pressure material that has been developed shows that each aspect has a percentage of 84.89% (very good).


 


Keywords: Research and Development, 4D model, LKPD, POE

Rincian Artikel

Referensi

  1. Purnomo H. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M); 2019.
  2. Handarini O& WSS. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 2020;8 (3).
  3. Iftitah I& AS. Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2022;
  4. Astuti, S., Danial M. & AM. Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER). 2018;1 (2).
  5. Sari, OBM., Eko R. & S. Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis POE Berbantuan Augmented Reality Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. 2020;
  6. Fannie R& R. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. 2014;8 (1).
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2013.
  8. Arifin Z. Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 2017;
  9. Retnawati H. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing; 2016. 1–212 p.
  10. Zakaria, LMA., Agus AP. & SH. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validaitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar MIPA. 2020;15(5).
  11. McHugh M. Interrater Reliability: The Kappa Statistic. Biochemia Medica. 2012;
  12. Hayati, S., Agus SB. & EH. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminal Nasional (e-journal) SNF IV. 2015;
  13. Hasanah, SR., Hadma Y., Nur IS., Eka WN. & JA. Analisis Kebutuhan Pengembangan E-module Bebasis POE (Predict, Observe, Explain). Jurnal Pendidikan MIPA (JPM). 2021;
  14. Falah, S., Hartono & YI. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal. 2017;6 (2).