Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa melalui implementasi pembelajaran etno-STEM berorientasi permainan tradisional Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research, dengan empat langkah setiap siklus yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), Observasi (observation), dan Refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 Program Studi S1 Pendidikan IPA pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi sains mahasiswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata literasi sains adalah 44,85 dalam kriteria Tidak Baik pada siklus I dan 62,38 dalam kriteria Cukup Baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan literasi sains mahasiswa setelah dilakukan implementasi pembelajaran ethno-STEM berorientasi permainan tradisional Bengkulu.


 


Kata Kunci : Etno-STEM, Permainan Tradisional Bengkulu, Literasi Sains


 


ABSTRACT


 


This study aims to improve students' scientific literacy through the implementation of ethno-STEM learning oriented towards Bengkulu’s traditional games. This study is a Classroom Action Research (CLSR), with four steps in each cycle, namely: planning, acting, observation, and reflection. The subjects in this study were all first-semester students of the Science Education Undergraduate Program in the odd semester of the 2023/2024 academic year. The research instrument was a student scientific literacy test. The research data were analyzed descriptively. The results showed that the average score of scientific literacy was 44.85 in the Not Good criteria in cycle I and 62.38 in the Fairly Good criteria in cycle II. Based on these results, there was an increase in students' scientific literacy after the implementation of ethno-STEM learning oriented towards Bengkulu‘s traditional games.


 


Keywords: Ethno-STEM, Traditional Bengkulu Games, Scientific Literacy

Article Details

References

    1. Bybee RW. The Case for STEM Education-Challenges and Opportunities. Virginia: NSTA Press. Iim; 2013.
    2. Latip A. Pentingnya Literasi Sains untuk Generasi “Zaman Now” [Internet]. 2017 [cited 2021 Oct 4]. Available from: https://www.kompasiana.com/altip/5a3c8824caf7db3b145228f3/pentingnya-literasi-sains-untuk-generasi-zaman-now
    3. Kelley TR, Knowles JG. A conceptual framework for integrated STEM education. Int J STEM Educ. 2016;3:1–11.
    4. Priyani NE, Nawawi. PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETHNO-STEM BERBANTU MIKROSKOP DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SEKOLAH PERBATASAN. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2020;1(2):99–104.
    5. Nurhasnah nFn, Azhar M, Yohandri nFn, Arsih F. ETNO-STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2022;10(02):147–63.
    6. Sartika SB, Efendi N, Liansari V. Pendampingan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM Bagi Guru IPA di SMP/ MTs Muhammadiyah Sidoarjo. In: Procedia of Social Sciences and Humanities [Internet]. 2022. p. 691–7. Available from: https://pssh.umsida.ac.id.
    7. Idrus SW al. Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2022 Dec 19;7(4):2370–6.
    8. Lubis B, Chalik AA, Gushevinalti. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Kolaborasi Media dalam Upaya Pelestarian Permainan Rakyat di Bengkulu. Bengkulu; 2013.
    9. Nurmasyitah N, Virnalita V, Lubis NA. Kajian Etnofisika Konsep Gerak Parabola pada Permainan Tradisional Aceh “Geulengkue Teu Peu Poe.” Jurnal Pendidikan Fisika. 2022 Sep 30;10(2):245.
    10. Putra RE. Permainan Tradisional Mulai Hilang Seiring Perkembangan Zaman [Internet]. 2022 [cited 2023 Feb 6]. Available from: https://rri.co.id/bengkulu/daerah/104075/permainan-tradisional-mulai-hilang-seiring-perkembangan-zaman
    11. Sartika SB, Efendi N, Wulandari FE. Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM Dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran [Internet]. 2022;10(1):1–9. Available from: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
    12. Fathurrohman MN. 29 Permainan Asli Khas Bengkulu yang Sudah Jarang Dimainkan [Internet]. 2021 [cited 2023 Feb 6]. Available from: https://aturanpermainan.blogspot.com/2021/05/31-permainan-asli-khas-bengkulu-yang-sudah-jarang-dimainkan.html
    13. Tim Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah. Permainan Rakyat Daerah Bengkulu. Jakarta: Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; 1984. 1–86 p.
    14. Putra IA, Sujarwanto E, Pertiwi NAS. Analisis pemahaman konseptual mahasiswa pada materi kinematika partikel melalui tes diagnostik. JRKPF UAD. 2018;5(1):10–6.
    15. Sarkity D, Sundari PD. Pemahaman Konsep Fisika Calon Guru Biologi Pada Topik Kinematika. J Pedagogi Hayati. 2020;4(2):106–16.
    16. Saepuzaman D, Karim S. Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Construction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gerak Parabola. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika [Internet]. 2016;2(2):79–86. Available from: http://doi.org/10.21009/1
    17. Busyairi A, Zuhdi M. Profil miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika ditinjau dari berbagai representasi pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2020;6(1):90–8.
    18. Defianti A, Rohmi P. Undergraduate student’s misconception about projectile motion after learning physics during the Covid-19 pandemic era. In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing Ltd; 2021.
    19. Sumarni W, Wahyuni S, Sulhadi. The effect of application of ethno-STEM integrated project-based learning on increasing students’ scientific literacy. In: AIP Conference Proceedings. American Institute of Physics Inc.; 2023.
    20. Hanim M, Wulandari F. Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etno-STEM Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; 2023.