Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK


 Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash, mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi vektor,. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan tes peningkatan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa hasil uji produk media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash yang dikembangkan sangat layak dengan presentase rata-rata (84,89%). Hasil uji Respon siswa terhadapat produk media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash yang dikembangkan sangat baik dengan presentase rata-rata (85,15%) peningkatkan hasil belajara siswa pada materi vektor dengan media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash yang didapatakan dari hasil perhitungan N-Gain yang berupa skor Pretest dan Postest dikategori tinggi dengan hasil 0,76. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan dapat disimpulkan yaitu 1) Produk media pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash yang dikembangkan sangat layak untuk diuji cobakan 2) Produk media pemebelajaran yang dikembangkan meningkatan hasil belajar siswa yang tinggi, 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik.


Kata kunci : Adobe Flash, Interaktif, Hasil Belajar, Vektor


 


 


ABSTRACT


 The objectives of this research are to produce interactive learning media products based on Adobe Flash, and to describe student responses to learning media and to improve student learning outcomes on vector material. The research method used is Research and Development by applying the ADDIE model. The instruments used in this research were questionnaires, observations, interviews and tests to improve learning outcomes. The results of this research showed that the test results for the interactive learning media products based on Adobe Flash that were developed were very feasible with an average percentage (84.89%). Test results: Student responses to the interactive learning media products based on Adobe Flash which were developed were very good with an average percentage (85.15%) of increasing student learning outcomes on vector material with interactive learning media based on Adobe Flash which was obtained from the results of the N-Gain calculation. In the form of Pretest and Posttest scores in the high category with a result of 0.76. Based on the research that has been carried out, it can be concluded that 1) The interactive learning media products based on Adobe Flash that have been developed are very suitable for testing. 2) The learning media products that have been developed have increased student learning outcomes, 3) The response of students to the learning media that has been developed is very good.


Keywords: Adobe Flash, Interactive, Learning Outcomes, Vectors

Rincian Artikel

Referensi

  1. Hestiani Sabrina I, Irma Russanti dan. Pengembangan Media Pembelajaran Shibori Berbasis Video Tutorial Melalui Youtube. e-jurnal UNESA. 2022 Mar 31;11(1):14–9.
  2. Feri A, Zulherman Z. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2021 Aug 2;5(3):418–26.
  3. Anastacya Pinoa M, Hendry. Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis LMS Menggunakan Moodle (Studi Kasus: PT Global Infotech Solution). J Tek Inform dan Sist Inf [Internet]. 2021 Jun 1;8(2):647–63. Available from: http://jurnal.mdp.ac.id
  4. Brod G, Hasselhorn M, Bunge SA. When generating a prediction boosts learning: The element of surprise. Learn Instr. 2018 Jun 1;55:22–31.
  5. Viajayani ER. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. [surakarta]: universitas sebelas maret; 2019.
  6. Wulandari AP, Salsabila AA, Cahyani K, Nurazizah TS, Ulfiah Z. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. J Educ. 2023 Feb 31;5(2):3928–36.
  7. Nadzif M, Irhasyuarna Y, sauqina. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. J Pendidik dan Ilmu Sos [Internet]. 2022 Jul 31 [cited 2024 Oct 21];1(3):17–27. Available from: https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp
  8. Hardana A, Surani D, Kurniawan BS. Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Di SMA. J Mhs Tek Inform [Internet]. 2024 Apr 31 [cited 2024 Jun 21];8(2):235–9. Available from: https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9612
  9. Rahman S. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Rahman S, editor. Pascasarj Univ Negeri Gorontalo. 2nd ed. 2021 Nov 25;1(1):289–302.
  10. Pazah GA, Risdianto E, Purwanto A. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Parabola. J Penelit Pembelajaran Fis. 2024 Jan 26;15(1):55–66.
  11. Septiawan S, Abdurrahman. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. Pendidik Mat FKIP UIR. 2021 Sep 12;2(`1):10–2.
  12. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. [Bandung]: Alfabeta; 2022
  13. Sukarelawan MI, Indratno TK, Ayu SM. N-Gain vs StackingAnalisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one grouppretest-posttest. Pertama. indratno TK, editor. Vol. 1. Yogyakarta: Suryacahya; 2024. 1-54 p.
  14. Fatkhomi F, Arfiani Y. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Flash pada Pembelajaran Fisika Development of Flash-based Interactive Learning Multimedia in Physics Learning. Pancasakti Sci Educ J PSEJ [Internet]. 2021 Oct 30;6(2):102–8. Available from: http://scienceedujournal.org/index.php/psej
  15. Sari NA, Yulianto Y, Yuliani H. Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia. J Ilm Pendidik Fis [Internet]. 2021 Feb 28 [cited 2024 Aug 19];5(1):18–26. Available from: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jipf/index
  16. Syefrinando B, Suraida S, Parman A. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. J Pendidik Fis dan Teknol. 2020 Mar 21;6(1):39–44.
  17. Ubaidillah I, Anggaryani M. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA/MA. Inov Pendidik Fis. 2020 Sep 31;9(3):311–7.
  18. Situmorang RA, Siagian G, Pasaribu S. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J Pendidik Sains dan Komput [Internet]. 2023 Nov 11 [cited 2024 Aug 18];3(02):179–87. Available from: http://doi.org/10.47709/jpsk.v3i02.3034
  19. Alauddin EY, Mukhlis Rohmadi M, Yuliani DH, Studi P, Fisika T, Islam A, et al. Pengembangan Media Animasi Menggunakan ADOBE FLASH CS6 Untuk Pembelajaran Fluida Statis di SMA. Pros Semin Nas Pendidik Fis FITK UNSIQ. 2020 Aug 31;2(1):17–55.
  20. Yuliana E, Subagiyo L, Zulkarnaen. Pembelajaran Fisika Berbasis Android dengan Program Adobe Flash CS 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA IT Granada Samarinda. J LITERASI Pendidik Fis [Internet]. 2020 Nov 31;1:105–44. Available from: http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF