Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Kesulitan belajar mengerjakan soal dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang tidak memungkinkan siswa dapat menggunakan informasi dalam soal untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam soal disebabkan adanya gangguan yang menghambat belajarnya. Kemampuan dalam menyelesaikan soal bergambar merupakan suatu kemampuam memahami teori-teori dan konsep materi fisika dalam bentuk gambar serta kemampuan berhitung siswa yang baik terhadap materi yang dipelajari. Dalam menganalisis kesulitan siswa menyelesaikan soal fisika bergambar  menggunakan teori polya yang memiliki empat tahap penyelesaian, yaitu pemahaman masalah, pemikiran suatu rencana, pelaksanaan rencana dan peninjauan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika bergambar dan menganalisis bentuk kesulitan yang di alami siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa siswa banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika bergambar sebesar 86,67%. Siswa kesulitan dalan menuliskan diketahui dan ditanya dari soal, kesulitan mengubah bentuk sistematis soal, kesulitan memahami simbol fisika, kesulitan menentukan rumus, kesulitan mensubsitusikan angka ke dalam rumus  dan siswa banyak tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban. 


 


Kata kunci : Kesulitan, Teori Polya, Soal Fisika Bergambar


 


ABSTRACT


 


Learning difficulties in solving problems can be defined as a condition that prevents students from utilizing the information in the questions to resolve the issues presented, due to disruptions that hinder their learning. The ability to solve pictorial problems is a skill that involves understanding theories and concepts of physics through images, as well as the students' proficiency in calculations related to the material studied. In analyzing students' difficulties in solving pictorial physics problems, Polya's theory, which consists of four stages of problem-solving-understanding the problem, devising a plan, executing the plan, and reviewing the solution-was employed. This study aims to analyze students' difficulties in solving pictorial physics problems and to examine the types of difficulties experienced by the students. The method used in this research is descriptive. The results indicate that students face significant challenges in solving pictorial physics problems, with a difficulty rate of 86.67%. Students struggle with identifying knowns and unknowns in the questions, converting problems into systematic forms, understanding physics symbols, determining formulas, substituting numbers into formulas, and many do not perform a review of their answers.


 


Keywords: Difficulties, Polya's Theory, Pictorial Physics Problems

Keywords

Kesulitan Teori Polya Soal Fisika Bergambar

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Sabri. Kesulitan Belajar. Jakarta; 1995
  3. Rusilowati, A. Profil kesulitan belajar fisika pokok bahasan kelistrikan siswa SMA di kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 2006; 4(2):100–106.6.
  4. Mulysa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakrya; 2005.
  5. Riantoni, C., Yulianti, L., dan Mufti, N. Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Memahami Konsep Listrik Dinamis. 2016; pp. 112–121.
  6. Juwariyah, S., Prihandono, T dan Sudarti. Analisis Jenis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Listrik Statis di MAN 6 Jombang. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2018; 7(3): 255–262.
  7. Wood, D. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2007.
  8. Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press; 2013.
  9. Andriani, N.L.Y., Darsikin dan Hatibe, A. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. 2008; 4 no.3: 36–41
  10. Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press; 2013.
  11. Marlina, L. Penerapanlangkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2013; 1(1): 43–52.
  12. Sugiono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta; 1994.
  13. Hadjar, I. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada; 1995.