Main Article Content

Abstract

Pembelajaran fisika sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang abstrak, khususnya pada materi usaha dan energi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan website pembelajaran berbasis permainan edukasi menggunakan RPG Maker MZ yang dirancang dengan pendekatan Game-Based Learning (GBL) untuk kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), mencakup tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media. Selain itu, hasil uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan motivasi belajar, minat, serta pemahaman konsep siswa secara signifikan. Dengan demikian, website pembelajaran berbasis RPG Maker MZ merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fisika, khususnya usaha dan energi.

Keywords

Game based learning fisika RPG Maker MZ Usaha dan Energi Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Arrafi, R., Astra, I. M., & Nasbey, H. (2025). Pengembangan Website Game-Based Learning Materi Usaha dan Energi. Amplitudo : Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.33369/ajipf.5.1.8-14

References

  1. (1). Wiyono, A. (2019). Tantangan dan peluang pendidikan era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu
  2. Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 72–80.
  3. (2). Zeng, H., Zhou, S. N., Hong, G. R., Li, Q. Y., & Xu, S. Q. (2020). Evaluation of interactive
  4. game-based learning in physics domain. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 484–498.
  5. (3). Pranata, M. (2024). Penggunaan game edukasi berbasis simulasi untuk meningkatkan
  6. pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Terapan, 5(1), 17–25.
  7. (4). Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan game edukasi Science
  8. Adventure untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan
  9. Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
  10. (5). Mee Mee, R. W., Shahdan, T. S. T., Ismail, M. R., Ghani, K. A., Pek, L. S., Von, W. Y., & Rao,
  11. Y. S. (2020). Role of gamification in classroom teaching: Pre-service teachers’ view.
  12. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 684–690.
  13. (6). Amalia, E., & Athiyyah, A. (2024). Penggunaan metode pembelajaran game based learning
  14. (GBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan
  15. Islam kelas VII D MTs Negeri 1 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 190–201.
  16. (7). Hammer, J., To, A., Schrier, K., Bowman, S. L., & Kaufman, G. (2024). Learning and role-
  17. playing games. Dalam The Routledge Handbook of Role-Playing Game Studies (hlm. 299–
  18. . Routledge.
  19. (8). Ho, S. J., Hsu, Y. S., Lai, C. H., Chen, F. H., & Yang, M. H. (2022). Applying game-based
  20. experiential learning to comprehensive sustainable development-based education.
  21. Sustainability, 14(3), 1172.
  22. (9). Fajriani, S. P. (2023). Desain role playing game (RPG) pada konsep fluida statis. Prosiding
  23. Seminar Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 59–68.
  24. (10). Pradana, D. Y., Vitianingsih, A. V., Cahyono, D., Wikaningrum, A., & Wati, S. F. A. (2024).
  25. Pengembangan aplikasi game pengenalan jenis-jenis virus berbasis RPG. Jurnal Teknologi
  26. Terpadu, 10(2), 77–83
  27. (11). Annisa, R. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game RPG pada
  28. materi energi dan usaha di SMA. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 15–27.
  29. (12). Ariyana, R. Y., Haryani, P., Susanto, F. G. P., & Fadlan, N. I. Y. (2025). Integration of
  30. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) and User Centered Design (UCD) Methods in
  31. the Development of Vegetable Variety Recognition Puzzle Game for Children. G-Tech: Jurnal
  32. Teknologi Terapan, 9(1), 78–87.
  33. (13). Prasetyo, A. D., Nugroho, H., & Wibowo, A. (2024). RPG Based Educational Game on Basic
  34. Arithmetic Using the MDLC Method. JETIA (Journal of Engineering and Technology
  35. Innovative Applications), 3(2), 45–53.
  36. (14). Khasanah, F. N. (2024). Multimedia Development Life Cycle Method in Designing
  37. Interactive Learning Media for Introducing Basic Religious Knowledge at the Quran Learning
  38. Center. GIJES, 2(3), 131–140.
  39. (15). Zuhdi, A. I., Mustafidah, Z., Alam, M. R. N., & Irawan, S. A. (2024). Implementation
  40. Multimedia Development Life Cycle in Interactive Multimedia Design for Traditional
  41. Indonesian Music Instruments Introduction. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(1),
  42. –50.