Main Article Content
Abstract
Pembelajaran fisika sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang abstrak, khususnya pada materi usaha dan energi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan website pembelajaran berbasis permainan edukasi menggunakan RPG Maker MZ yang dirancang dengan pendekatan Game-Based Learning (GBL) untuk kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), mencakup tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media. Selain itu, hasil uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan motivasi belajar, minat, serta pemahaman konsep siswa secara signifikan. Dengan demikian, website pembelajaran berbasis RPG Maker MZ merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fisika, khususnya usaha dan energi.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Raul Arrafi, I Made Astra, Hadi Nasbey

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- (1). Wiyono, A. (2019). Tantangan dan peluang pendidikan era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu
- Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 72–80.
- (2). Zeng, H., Zhou, S. N., Hong, G. R., Li, Q. Y., & Xu, S. Q. (2020). Evaluation of interactive
- game-based learning in physics domain. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 484–498.
- (3). Pranata, M. (2024). Penggunaan game edukasi berbasis simulasi untuk meningkatkan
- pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Terapan, 5(1), 17–25.
- (4). Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan game edukasi Science
- Adventure untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan
- Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
- (5). Mee Mee, R. W., Shahdan, T. S. T., Ismail, M. R., Ghani, K. A., Pek, L. S., Von, W. Y., & Rao,
- Y. S. (2020). Role of gamification in classroom teaching: Pre-service teachers’ view.
- International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 684–690.
- (6). Amalia, E., & Athiyyah, A. (2024). Penggunaan metode pembelajaran game based learning
- (GBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan
- Islam kelas VII D MTs Negeri 1 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 190–201.
- (7). Hammer, J., To, A., Schrier, K., Bowman, S. L., & Kaufman, G. (2024). Learning and role-
- playing games. Dalam The Routledge Handbook of Role-Playing Game Studies (hlm. 299–
- . Routledge.
- (8). Ho, S. J., Hsu, Y. S., Lai, C. H., Chen, F. H., & Yang, M. H. (2022). Applying game-based
- experiential learning to comprehensive sustainable development-based education.
- Sustainability, 14(3), 1172.
- (9). Fajriani, S. P. (2023). Desain role playing game (RPG) pada konsep fluida statis. Prosiding
- Seminar Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 59–68.
- (10). Pradana, D. Y., Vitianingsih, A. V., Cahyono, D., Wikaningrum, A., & Wati, S. F. A. (2024).
- Pengembangan aplikasi game pengenalan jenis-jenis virus berbasis RPG. Jurnal Teknologi
- Terpadu, 10(2), 77–83
- (11). Annisa, R. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game RPG pada
- materi energi dan usaha di SMA. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 15–27.
- (12). Ariyana, R. Y., Haryani, P., Susanto, F. G. P., & Fadlan, N. I. Y. (2025). Integration of
- Multimedia Development Life Cycle (MDLC) and User Centered Design (UCD) Methods in
- the Development of Vegetable Variety Recognition Puzzle Game for Children. G-Tech: Jurnal
- Teknologi Terapan, 9(1), 78–87.
- (13). Prasetyo, A. D., Nugroho, H., & Wibowo, A. (2024). RPG Based Educational Game on Basic
- Arithmetic Using the MDLC Method. JETIA (Journal of Engineering and Technology
- Innovative Applications), 3(2), 45–53.
- (14). Khasanah, F. N. (2024). Multimedia Development Life Cycle Method in Designing
- Interactive Learning Media for Introducing Basic Religious Knowledge at the Quran Learning
- Center. GIJES, 2(3), 131–140.
- (15). Zuhdi, A. I., Mustafidah, Z., Alam, M. R. N., & Irawan, S. A. (2024). Implementation
- Multimedia Development Life Cycle in Interactive Multimedia Design for Traditional
- Indonesian Music Instruments Introduction. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(1),
- –50.
References
(1). Wiyono, A. (2019). Tantangan dan peluang pendidikan era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 72–80.
(2). Zeng, H., Zhou, S. N., Hong, G. R., Li, Q. Y., & Xu, S. Q. (2020). Evaluation of interactive
game-based learning in physics domain. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 484–498.
(3). Pranata, M. (2024). Penggunaan game edukasi berbasis simulasi untuk meningkatkan
pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Terapan, 5(1), 17–25.
(4). Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan game edukasi Science
Adventure untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan
Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
(5). Mee Mee, R. W., Shahdan, T. S. T., Ismail, M. R., Ghani, K. A., Pek, L. S., Von, W. Y., & Rao,
Y. S. (2020). Role of gamification in classroom teaching: Pre-service teachers’ view.
International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 684–690.
(6). Amalia, E., & Athiyyah, A. (2024). Penggunaan metode pembelajaran game based learning
(GBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan
Islam kelas VII D MTs Negeri 1 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 190–201.
(7). Hammer, J., To, A., Schrier, K., Bowman, S. L., & Kaufman, G. (2024). Learning and role-
playing games. Dalam The Routledge Handbook of Role-Playing Game Studies (hlm. 299–
. Routledge.
(8). Ho, S. J., Hsu, Y. S., Lai, C. H., Chen, F. H., & Yang, M. H. (2022). Applying game-based
experiential learning to comprehensive sustainable development-based education.
Sustainability, 14(3), 1172.
(9). Fajriani, S. P. (2023). Desain role playing game (RPG) pada konsep fluida statis. Prosiding
Seminar Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 59–68.
(10). Pradana, D. Y., Vitianingsih, A. V., Cahyono, D., Wikaningrum, A., & Wati, S. F. A. (2024).
Pengembangan aplikasi game pengenalan jenis-jenis virus berbasis RPG. Jurnal Teknologi
Terpadu, 10(2), 77–83
(11). Annisa, R. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis game RPG pada
materi energi dan usaha di SMA. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 15–27.
(12). Ariyana, R. Y., Haryani, P., Susanto, F. G. P., & Fadlan, N. I. Y. (2025). Integration of
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) and User Centered Design (UCD) Methods in
the Development of Vegetable Variety Recognition Puzzle Game for Children. G-Tech: Jurnal
Teknologi Terapan, 9(1), 78–87.
(13). Prasetyo, A. D., Nugroho, H., & Wibowo, A. (2024). RPG Based Educational Game on Basic
Arithmetic Using the MDLC Method. JETIA (Journal of Engineering and Technology
Innovative Applications), 3(2), 45–53.
(14). Khasanah, F. N. (2024). Multimedia Development Life Cycle Method in Designing
Interactive Learning Media for Introducing Basic Religious Knowledge at the Quran Learning
Center. GIJES, 2(3), 131–140.
(15). Zuhdi, A. I., Mustafidah, Z., Alam, M. R. N., & Irawan, S. A. (2024). Implementation
Multimedia Development Life Cycle in Interactive Multimedia Design for Traditional
Indonesian Music Instruments Introduction. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(1),
–50.