Main Article Content

Abstract

Asas pelayanan yang baik merupakan salah satu dari asas-asas umum pemerintahan yang baik. Pelayanan publik sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di Republik Indonesia dikarenakan kehidupan masyarakat dari lahir hingga meninggal dunia pasti membutuhkan pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik yang paling mendasar adalah pembuatan E-KTP yang digunakan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan, membuka usaha, mengurus pernikahan, hingga syarat untuk mendapatkan bantuan sosial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian melalui aspek yang didasari penerapan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu sudah berkualitas baik dikarenakan sudah sesuai dengan aspek daya tanggap (responsivness), aspek jaminan (assurance), dan aspek empathy. Namun berdasarkan penerapan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 Tentang Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik menunjukkan bahwa aplikasi pembuatan E-KTP milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut tidak sinkron terhadap notifikasi yang masyarakat dapatkan.

Keywords

Kualitas Pelayanan E-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Article Details

How to Cite
Susianti, Y. M., & Wevy Efticha Sary. (2025). Implementasi Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB) dalam Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP di Dukcapil Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Kutei, 24(2), 176–187. https://doi.org/10.33369/jik.v24i2.43487

References

  1. BUKU
  2. Dwiyanto, Agus. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.Yogyakarta.
  3. Kurniawan, Agung. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. 2005.
  4. Mahsyar, Abdul. Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Jakarta. 2011.
  5. Malo, Manase dan Sri Trisnoningtias. 1999. Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta.
  6. Marwiyah, Siti. Strategi dalam Peningkatan Kualitas Publik di Era Digitalisasi. Mitra Ilmu. 2023.
  7. Moenir, H.A.S. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta. 2010.
  8. Sangkala. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta. Bumi Aksara. 2012.
  9. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
  10. Supriyanto. Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jakarta. 2016.
  11. S, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
  12. Zhu & Wu. Pengaruh Penerapan Prinsip Prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai. Lampung. 2016.
  13. Peraturan Perundang-Undangan
  14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  15. Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik