Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui harapan stakeholder tentang kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Harapan stakeholder pada kompetensi aspek sikap adalah taat agama, cepat tanggap membantu teman sejawatnya, antusias pada saat hari besar nasional, , tanggap dalam memahami lingkungan sosialnya, disiplin, bertanggungjawab, memiliki keberanian. (2)  Harapam stakeholder pada kompetensi aspek pengetahuan adalah mencari informasi perkembangan pendidikan nonformal, dapat mengetahui metode yang tepat bagi orang dewasa, mampu menyusun rancangan kegiatan pembelajaran, dapat memberikan ide yang terbaru terhadap pendidikan. (3) Harapan stakeholder pada kompetensi keterampilan umum adalah menunjukkan kinerja yang baik, dapat memberikan ide sesuai permasalahan, dapat mengaplikasikan teknologi baru, dapat menjalin kerjasama yang baik dapat merancang tata kelola lembaga pendidikan. (4) Harapan stakeholder pada kompetensi aspek keterampilan khusus adalah, mengembangkan program di lembaga PNF, mampu mengembangkan rancangan pengelolaan lembaga PNF, dapat mengembangkan potensi masyarakat.

Keywords

Harapan Stakeholder Kompetensi Lulusan Pendidikan Nonformal.

Article Details

How to Cite
Kristanti, E., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Harapan Stakeholder Tentang Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Nonformal Universitas Bengkulu. Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.33369/joll.4.2.118-125

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. Borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Nonformal 2018 http://pendidikanluarsekolahunp.blogspot.com/2011/06/konsep-pendidikan-luar-sekolah.html
  4. Moeleong. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Bandung : Rosdakarya
  5. Moeleong, Lexy. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja Rosdakarya
  6. PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  7. Sudjana, Djuju. 2001. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung:Falah Production.
  8. Sutarto, Joko. 2007. Pendididkan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS
  9. Suprihatiningrum, Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.