Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui harapan stakeholder tentang kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Harapan stakeholder pada kompetensi aspek sikap adalah taat agama, cepat tanggap membantu teman sejawatnya, antusias pada saat hari besar nasional, , tanggap dalam memahami lingkungan sosialnya, disiplin, bertanggungjawab, memiliki keberanian. (2) Harapam stakeholder pada kompetensi aspek pengetahuan adalah mencari informasi perkembangan pendidikan nonformal, dapat mengetahui metode yang tepat bagi orang dewasa, mampu menyusun rancangan kegiatan pembelajaran, dapat memberikan ide yang terbaru terhadap pendidikan. (3) Harapan stakeholder pada kompetensi keterampilan umum adalah menunjukkan kinerja yang baik, dapat memberikan ide sesuai permasalahan, dapat mengaplikasikan teknologi baru, dapat menjalin kerjasama yang baik dapat merancang tata kelola lembaga pendidikan. (4) Harapan stakeholder pada kompetensi aspek keterampilan khusus adalah, mengembangkan program di lembaga PNF, mampu mengembangkan rancangan pengelolaan lembaga PNF, dapat mengembangkan potensi masyarakat.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Nonformal 2018 http://pendidikanluarsekolahunp.blogspot.com/2011/06/konsep-pendidikan-luar-sekolah.html
- Moeleong. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Bandung : Rosdakarya
- Moeleong, Lexy. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja Rosdakarya
- PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
- Sudjana, Djuju. 2001. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung:Falah Production.
- Sutarto, Joko. 2007. Pendididkan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS
- Suprihatiningrum, Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Borang Akreditasi Program Studi Pendidikan Nonformal 2018 http://pendidikanluarsekolahunp.blogspot.com/2011/06/konsep-pendidikan-luar-sekolah.html
Moeleong. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Bandung : Rosdakarya
Moeleong, Lexy. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja Rosdakarya
PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Sudjana, Djuju. 2001. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung:Falah Production.
Sutarto, Joko. 2007. Pendididkan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS
Suprihatiningrum, Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.