Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor orang tua, faktor teman sebaya, faktor citra perguruan tinggi, dan faktor prospek pekerjaan dalam pengambilan keputusan memilih program studi Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan analisis faktor, sedangkan yang menjadi informan penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Nonfromal FKIP UNIB angkatan 2017-2020 berjumlah 53 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar pada mahsiswa PNF angkatan 2017-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor orang tua memiliki tingkat pengaruh sebesar 70,26 % ,faktor teman sebaya memiliki tingkat pengaruh sebesar 54 %, faktor citra perguruan tinggi memiliki tingkat pengaruh sebesar 88,18%, dan faktor Prospek Pekerjaan dengan tingkat pengaruh sebesar 81,58 %.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amaliya, Rizqi.2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol 8, Nomor 1 (halaman 37). Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
- Arikunto. 2006. Proseedur Penelitian Suatu Pendektan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
- Atmosudirjo, Prajudi dalam Hasan. (2004). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Barhmana,M.Karina.2010.” Perbedaan Dalam Mempertimbangkan Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Pada Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Dirinya Diasuh Dengan Pola Asuh Yang Berbeda”. Jurnal Universitas HKBP Nommensen Vol 18,Nomor 1 ( halaman 50-67). Medan : Universitas HKBP Nommensen
- Dasar-Dasar Public Relations. Rosdakarya, Bandung.
- Cutrona, E. (2004). Handbook of social support communication in families. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
- Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor.
- Krugman, P. R. and M. O. (2003). International Ecoonomic : Theory and Policy ( 6th Edition). Pearson Education
- Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. terj. Mila Rachmawati & Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
- Soemirat S, Ardianto E. 2007. Dasar-dasar Public Realitions. Jakarta : Rosdakarya.
- Soemirat S, Ardianto E. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta : Rosdakarya.
- Soemirat, Soleh, & Ardianto, Elvinaro (2007).
- Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dankualitatif. Alfabeta. Bandung
- Sujarweni, Wiranata.V.2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT PUSTAKA BARU
- Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Tinggi
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, IklimSekolah dan Perilaku Bullying. Humanitas, 10 (1): 49-60.
- Yusuf,Syamsul. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
References
Amaliya, Rizqi.2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol 8, Nomor 1 (halaman 37). Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Arikunto. 2006. Proseedur Penelitian Suatu Pendektan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Atmosudirjo, Prajudi dalam Hasan. (2004). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Barhmana,M.Karina.2010.” Perbedaan Dalam Mempertimbangkan Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Pada Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Dirinya Diasuh Dengan Pola Asuh Yang Berbeda”. Jurnal Universitas HKBP Nommensen Vol 18,Nomor 1 ( halaman 50-67). Medan : Universitas HKBP Nommensen
Dasar-Dasar Public Relations. Rosdakarya, Bandung.
Cutrona, E. (2004). Handbook of social support communication in families. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor.
Krugman, P. R. and M. O. (2003). International Ecoonomic : Theory and Policy ( 6th Edition). Pearson Education
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. terj. Mila Rachmawati & Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
Soemirat S, Ardianto E. 2007. Dasar-dasar Public Realitions. Jakarta : Rosdakarya.
Soemirat S, Ardianto E. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta : Rosdakarya.
Soemirat, Soleh, & Ardianto, Elvinaro (2007).
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dankualitatif. Alfabeta. Bandung
Sujarweni, Wiranata.V.2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT PUSTAKA BARU
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Tinggi
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, IklimSekolah dan Perilaku Bullying. Humanitas, 10 (1): 49-60.
Yusuf,Syamsul. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya