Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran paket C. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti pada penelitian ini yaitu pada pembelajaran paket C tutor menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. Penggunaan metode ceramah dapat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahapan pembukaan, penyampaian materi dan menutup kegiatan pembelajaran. Respon warga belajar paket C terhadap penggunaan metode ceramah adalah sedikit bosan. Sedangkan untuk penggunaan metode diskusi dapat dilakukan dengan membagi warga belajar paket C kedalam beberapa kelompok kecil, kemudian tutor memberikan materi yang akan didiskusikan dan terakhir penyampaian hasil diskusi oleh warga belajar paket C. Respon warga belajar paket C terhadap penggunaan metode diskusi yaitu warga belajar antusias mengikuti pembelajaran. Dan untuk penggunaan metode tanya jawab dapat dilakukan dengan menentukan topik bahasan, menyusun pertanyaan, melaksanakan kegiatan tanya jawab dan kegiatan penutup. Warga belajar aktif dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif bertujuan untuk menghidupkan suasana pembelajaran, memotivasi warga belajar paket C agar antusias dalam mengikuti pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C.

Kata Kunci : Metode variatif, Warga Belajar, Paket C

Keywords

Metode variatif Warga Belajar Paket C

Article Details

How to Cite
Julita, E., & Sofino, S. (2022). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VARIATIF DALAM PEMBELAJARAN WARGA BELAJAR PAKET C. Journal Of Lifelong Learning, 5(1), 58–63. https://doi.org/10.33369/joll.5.1.58-63

References

  1. Aqih, Zainal dan Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Satu Nusa
  2. AsepHerry,Hernawan,dkk,.2013.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta,Penerbit UT
  3. Durotul, Karnadi. 2014. Pendidikan Nonformal dan Informan Dalam Bingkai Pendidikan Sepanjang Hayat. Bandung: Aupabsta
  4. Ginting, M.,S, Ginting, .R., dan Lubis,S.,N (2014) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Ubi Kayu” Journal On Sosial Economic Of Agriculture and Agribusiness Vol 3 (3)
  5. Sagala, Syaiful., 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
  6. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana
  7. Sanjaya, Wina., 2016, Strategi Pembelajaran, Prenadamedia Group, Jakarta.
  8. Stiawan, Hery. 2020. Pemanfaatan Media Audiovisual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Vol 3, No 2. Jurnal Prakasa Paedagogia
  9. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
  10. Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya .
  11. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
  12. UU Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara