Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran paket C. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti pada penelitian ini yaitu pada pembelajaran paket C tutor menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. Penggunaan metode ceramah dapat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahapan pembukaan, penyampaian materi dan menutup kegiatan pembelajaran. Respon warga belajar paket C terhadap penggunaan metode ceramah adalah sedikit bosan. Sedangkan untuk penggunaan metode diskusi dapat dilakukan dengan membagi warga belajar paket C kedalam beberapa kelompok kecil, kemudian tutor memberikan materi yang akan didiskusikan dan terakhir penyampaian hasil diskusi oleh warga belajar paket C. Respon warga belajar paket C terhadap penggunaan metode diskusi yaitu warga belajar antusias mengikuti pembelajaran. Dan untuk penggunaan metode tanya jawab dapat dilakukan dengan menentukan topik bahasan, menyusun pertanyaan, melaksanakan kegiatan tanya jawab dan kegiatan penutup. Warga belajar aktif dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif bertujuan untuk menghidupkan suasana pembelajaran, memotivasi warga belajar paket C agar antusias dalam mengikuti pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C.
Kata Kunci : Metode variatif, Warga Belajar, Paket C
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqih, Zainal dan Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Satu Nusa
- AsepHerry,Hernawan,dkk,.2013.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta,Penerbit UT
- Durotul, Karnadi. 2014. Pendidikan Nonformal dan Informan Dalam Bingkai Pendidikan Sepanjang Hayat. Bandung: Aupabsta
- Ginting, M.,S, Ginting, .R., dan Lubis,S.,N (2014) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Ubi Kayu” Journal On Sosial Economic Of Agriculture and Agribusiness Vol 3 (3)
- Sagala, Syaiful., 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
- Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana
- Sanjaya, Wina., 2016, Strategi Pembelajaran, Prenadamedia Group, Jakarta.
- Stiawan, Hery. 2020. Pemanfaatan Media Audiovisual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Vol 3, No 2. Jurnal Prakasa Paedagogia
- Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya .
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
- UU Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara
References
Aqih, Zainal dan Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Satu Nusa
AsepHerry,Hernawan,dkk,.2013.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta,Penerbit UT
Durotul, Karnadi. 2014. Pendidikan Nonformal dan Informan Dalam Bingkai Pendidikan Sepanjang Hayat. Bandung: Aupabsta
Ginting, M.,S, Ginting, .R., dan Lubis,S.,N (2014) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Ubi Kayu” Journal On Sosial Economic Of Agriculture and Agribusiness Vol 3 (3)
Sagala, Syaiful., 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana
Sanjaya, Wina., 2016, Strategi Pembelajaran, Prenadamedia Group, Jakarta.
Stiawan, Hery. 2020. Pemanfaatan Media Audiovisual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Vol 3, No 2. Jurnal Prakasa Paedagogia
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya .
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
UU Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara