Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode drill dalam menghafal surah pendek pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Huda Kabupaten Rejang Lebong. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu penerapan metode drill atau latihan dalam menghafal surah pendek yang rutin setiap hari dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran dengan pengulangan secara terus-menerus dapat meningkatkan kemampuan motoris, kognitif serta afektif bagi santri agar bisa lebih cepat menghafal serta menyebutkan bunyi dan bentuk huruf hijaiyah sesuai tajwid dan makhraj mulai dari usia 5-12 tahun, kegiatan tersebut dilaksanakan agar hafalan santri tidak mudah hilang. Sebelum menggunakan metode drill atau latihan, guru memberikan motivasi kepada santri agar mereka memiliki minat dan semangat untuk menghafal surah-surah pendek Al-Qur'an.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fathurrohman Muhammad dan Sutistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Teras.
- Indrawan Irjus & Hadion Wijoyo. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Jawa Tengah: CV.Pena Persada.
- Jamhuri, M. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMK Dewantoro Purwosari. Universitas Yudharta Pasuruan : Jurnal al-Murabbi. 1(2) 201-216.
- Kamil Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal. Bandung:ALFABETA.
- Lestar Rahma Widya, dkk. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia: Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2) 1-5.
- Liana Putri dan Sahri. 2020. Taman Pendidikan Al Quran Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri : Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. 8(2) 164-181.
- Malik Abdul Hatta. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Husna Pasadena Semarang. Jurnal Dimas. 13(2) 387-404.
- Moleong J Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.
- Monica Vira Rahma. 2021. Penggunaan Metode Drill Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA: Artikel Literature Review. Hal 1-14.
- Mukaromah Roifatul. 2014. Pelaksanaan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Pekuncen. (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Purwokerto.
- Mundir. 2021. Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pendidikan Agama Islam. Bondowoso-Jawa Timur:LICENSI.
- Purwati Pera. 2010. Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut: Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4(1) 48-53.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
- Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai). Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh, Divisi Penerbitan.
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Wahyuni Nida. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Cokrominoto Palopo:Jurnal Prosiding Seminar Nasional. 2(1) 399-406.
References
Fathurrohman Muhammad dan Sutistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Teras.
Indrawan Irjus & Hadion Wijoyo. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Jawa Tengah: CV.Pena Persada.
Jamhuri, M. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMK Dewantoro Purwosari. Universitas Yudharta Pasuruan : Jurnal al-Murabbi. 1(2) 201-216.
Kamil Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal. Bandung:ALFABETA.
Lestar Rahma Widya, dkk. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia: Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2) 1-5.
Liana Putri dan Sahri. 2020. Taman Pendidikan Al Quran Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri : Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. 8(2) 164-181.
Malik Abdul Hatta. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Husna Pasadena Semarang. Jurnal Dimas. 13(2) 387-404.
Moleong J Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.
Monica Vira Rahma. 2021. Penggunaan Metode Drill Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA: Artikel Literature Review. Hal 1-14.
Mukaromah Roifatul. 2014. Pelaksanaan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Pekuncen. (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Purwokerto.
Mundir. 2021. Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pendidikan Agama Islam. Bondowoso-Jawa Timur:LICENSI.
Purwati Pera. 2010. Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut: Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4(1) 48-53.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai). Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh, Divisi Penerbitan.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuni Nida. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Cokrominoto Palopo:Jurnal Prosiding Seminar Nasional. 2(1) 399-406.