Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode drill dalam menghafal surah pendek pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Huda Kabupaten Rejang Lebong. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu penerapan metode drill atau latihan dalam menghafal surah pendek yang rutin setiap hari dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran dengan pengulangan secara terus-menerus dapat meningkatkan kemampuan motoris, kognitif serta afektif bagi santri agar bisa lebih cepat menghafal serta menyebutkan bunyi dan bentuk huruf hijaiyah sesuai tajwid dan makhraj mulai dari usia 5-12 tahun, kegiatan tersebut dilaksanakan agar hafalan santri tidak mudah hilang. Sebelum menggunakan metode drill atau latihan, guru memberikan motivasi kepada santri agar mereka memiliki minat dan semangat untuk menghafal surah-surah pendek Al-Qur'an.

Keywords

Metode drill surah pendek Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Article Details

How to Cite
Dewi, S., Abdullah, M. I., & Sofino, S. (2022). PENERAPAN METODE DRILL DALAM MEGHAFAL SURAH PENDEK PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DARUL HUDA KABUPATEN REJANG LEBONG. Journal Of Lifelong Learning, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.33369/joll.5.1.33-42

References

  1. Fathurrohman Muhammad dan Sutistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Teras.
  2. Indrawan Irjus & Hadion Wijoyo. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Jawa Tengah: CV.Pena Persada.
  3. Jamhuri, M. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMK Dewantoro Purwosari. Universitas Yudharta Pasuruan : Jurnal al-Murabbi. 1(2) 201-216.
  4. Kamil Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal. Bandung:ALFABETA.
  5. Lestar Rahma Widya, dkk. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia: Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2) 1-5.
  6. Liana Putri dan Sahri. 2020. Taman Pendidikan Al Quran Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri : Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang. 8(2) 164-181.
  7. Malik Abdul Hatta. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Husna Pasadena Semarang. Jurnal Dimas. 13(2) 387-404.
  8. Moleong J Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.
  9. Monica Vira Rahma. 2021. Penggunaan Metode Drill Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA: Artikel Literature Review. Hal 1-14.
  10. Mukaromah Roifatul. 2014. Pelaksanaan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Pekuncen. (Skripsi). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Purwokerto.
  11. Mundir. 2021. Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Pendidikan Agama Islam. Bondowoso-Jawa Timur:LICENSI.
  12. Purwati Pera. 2010. Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut: Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 4(1) 48-53.
  13. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
  14. Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai). Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh, Divisi Penerbitan.
  15. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  16. Wahyuni Nida. 2016. Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Cokrominoto Palopo:Jurnal Prosiding Seminar Nasional. 2(1) 399-406.