Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk tahapan perencanaan dalam kegiatan program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dan informasi yang dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dengan hasil, bahwa dalam kegiatan program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari PKBM Mekar Sari memiliki tahapan perencanaan dengan tujuan untuk mengurangi pengangguran secara perlahan terutama di Kabupaten Kaur, dan anak-anak yang putus sekolah berangsur berkurang, serta memberantas buta aksara, dengan berbagai strategi yang dilakukan seperti selalu menjalin kerja sama dengan desa dan masyarakat, terus melakukan perubahan dan pengembangan, dan menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan warga belajar, dengan penentuan sumberdaya manusia melalui prosedur yang telah ditetpkan oleh PKBM Mekar Sari, dengan penetapan standard/indikator untuk mencapai tujuan dan target mengacu kepada 8 standar, dan keberhasilan dilihat dari hasil pembelajaran dan keterampilan peserta didik dan penerapan modul dan bahan ajar oleh tutor.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Fungsi, Proses, Pengendalain. Jakarta: Mitra Wacana Media
- Edi. 2011. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Refika Pratama. Bandung.
- Ihsan. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineke Cipta. Jakarta.
- Indrawan Irjus & Wijoyo Hadion. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Riau: CV Penna Persada.
- Kamil Mustofa. 2011. Pendidian Nonformal Pengembanggan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Jepang). Bandung: ALFABETA.
- KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia.
- Sihombing. 2001. Pendidikan Luar Sekolah Masalah, Tantangan Dan Peluang. Wirakarsa. Jakarta.
- Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
References
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Fungsi, Proses, Pengendalain. Jakarta: Mitra Wacana Media
Edi. 2011. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Refika Pratama. Bandung.
Ihsan. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineke Cipta. Jakarta.
Indrawan Irjus & Wijoyo Hadion. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Riau: CV Penna Persada.
Kamil Mustofa. 2011. Pendidian Nonformal Pengembanggan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Jepang). Bandung: ALFABETA.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Sihombing. 2001. Pendidikan Luar Sekolah Masalah, Tantangan Dan Peluang. Wirakarsa. Jakarta.
Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.