Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk tahapan perencanaan dalam kegiatan program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dan informasi yang dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dengan hasil, bahwa dalam kegiatan program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari PKBM Mekar Sari memiliki tahapan perencanaan dengan tujuan untuk mengurangi pengangguran secara perlahan terutama di Kabupaten Kaur, dan anak-anak yang putus sekolah berangsur berkurang, serta memberantas buta aksara, dengan berbagai strategi yang dilakukan seperti selalu menjalin kerja sama dengan desa  dan masyarakat, terus melakukan perubahan dan pengembangan, dan menciptakan suasana belajar yang sesuai dengan warga belajar, dengan penentuan sumberdaya manusia melalui prosedur yang telah ditetpkan oleh PKBM Mekar Sari, dengan penetapan standard/indikator untuk mencapai tujuan dan target mengacu kepada 8 standar, dan keberhasilan dilihat dari hasil pembelajaran dan keterampilan  peserta didik dan penerapan modul dan bahan ajar oleh tutor.

Keywords

Kata Kunci PKBM Perencanaan Paket C

Article Details

How to Cite
Filiana, W., & Rachmat, A. Z. (2022). Tahapan Perencanaan Dalam Kegiatan Program Kesetaraan Paket C PKBM MeKar Sari Kabupaten Kaur. Journal Of Lifelong Learning, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.33369/joll.5.1.26-32

References

  1. Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Fungsi, Proses, Pengendalain. Jakarta: Mitra Wacana Media
  2. Edi. 2011. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Refika Pratama. Bandung.
  3. Ihsan. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineke Cipta. Jakarta.
  4. Indrawan Irjus & Wijoyo Hadion. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Riau: CV Penna Persada.
  5. Kamil Mustofa. 2011. Pendidian Nonformal Pengembanggan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Jepang). Bandung: ALFABETA.
  6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  7. Sihombing. 2001. Pendidikan Luar Sekolah Masalah, Tantangan Dan Peluang. Wirakarsa. Jakarta.
  8. Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production
  9. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA
  10. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.