Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online program paket c pada PKBM Songgo Langit Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif serta data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu pembelajaran online program paket c ini mendorong peserta didik belajar mandiri tanpa adanya pengawasan terus menerus dari guru sehingga peserta didik memiliki kemandirian untuk melakukan kegiatan bermanfaat seperti membaca, berlatih, mengulang kembali materi yang telah diberikan. Seorang guru harus menciptakan pembelajaran online yang menarik dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Cara untuk menumbuhkan minat belajar pada peserta didik dengan memberikan motivasi-motivasi belajar kepada peserta didik dengan perkataan yang positif dan membangun peserta didik dalam kondisi belajar.
Kata kunci: Pembelajaran online, paket C, PKBM
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Budiarso, D. E. A. (2008). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran dan Penunjang Perkuliahan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Unnes.
- Darmalaksana, W, Hambali, R., Masrur, A, & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid- 19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
- Darmawan Deni (2014), Pengembangan E- learning Teori dan Desain. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
- Irjus Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada.
- Irma Marciana Rumengan, I. M., Salmon, A., Lumenta, M., Diane, S., Paturusi, E., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K. B. (2019).Pembelajaran Daring Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat, 14(3), 303–312.
- Joesoef Soelaiman. 1999. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Lailatussaadah, Fitriyawany , Erfiati, & Mutia, S. 2020. Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Ppg Dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan di Aceh. Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender. 6 (2) : 45.
- Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal pendidikan fisika, 8(2), 215-224.
- Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019: 56–60.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah
- Putri, A, D., Zulkarnain, R., & Jasma, S. (2021). Keterampilan Warga Belajar Dalam Pembelajaran Online. Journal Of Lifelong Learning, 4(1).
- Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4): 870.
- Rodia, Sofino & Abdullah, M. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Life Skill Menjahit Kelompok Belajar Paket C.Journal of Lifelong Learning, 4(2).
- Sudjana, (2004). Pendidikan Nonformal, Bandung: Falah Production
- Sudjana. D. 2002. Metode Sttistika. Bandung: PT TARSITO
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung
- Undang-Undang Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
References
DAFTAR PUSTAKA
Budiarso, D. E. A. (2008). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran dan Penunjang Perkuliahan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Unnes.
Darmalaksana, W, Hambali, R., Masrur, A, & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid- 19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmawan Deni (2014), Pengembangan E- learning Teori dan Desain. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Irjus Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada.
Irma Marciana Rumengan, I. M., Salmon, A., Lumenta, M., Diane, S., Paturusi, E., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K. B. (2019).Pembelajaran Daring Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat, 14(3), 303–312.
Joesoef Soelaiman. 1999. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Lailatussaadah, Fitriyawany , Erfiati, & Mutia, S. 2020. Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Ppg Dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan di Aceh. Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender. 6 (2) : 45.
Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal pendidikan fisika, 8(2), 215-224.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019: 56–60.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah
Putri, A, D., Zulkarnain, R., & Jasma, S. (2021). Keterampilan Warga Belajar Dalam Pembelajaran Online. Journal Of Lifelong Learning, 4(1).
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4): 870.
Rodia, Sofino & Abdullah, M. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Life Skill Menjahit Kelompok Belajar Paket C.Journal of Lifelong Learning, 4(2).
Sudjana, (2004). Pendidikan Nonformal, Bandung: Falah Production
Sudjana. D. 2002. Metode Sttistika. Bandung: PT TARSITO
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Undang-Undang Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.