Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online program paket c pada PKBM Songgo Langit Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif serta data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu pembelajaran online program paket c ini mendorong peserta didik belajar mandiri tanpa adanya pengawasan terus menerus dari guru sehingga peserta didik memiliki kemandirian untuk melakukan kegiatan bermanfaat seperti membaca, berlatih, mengulang kembali materi yang telah diberikan. Seorang guru harus menciptakan pembelajaran online yang menarik dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Cara untuk menumbuhkan minat belajar pada peserta didik dengan memberikan motivasi-motivasi belajar kepada peserta didik dengan perkataan yang positif dan membangun peserta didik dalam kondisi belajar.

Kata kunci: Pembelajaran online, paket C, PKBM

Article Details

How to Cite
Andista, F. A., Rachmat, A. Z., & Pradikto, B. (2022). PEMBELAJARAN ONLINE PROGRAM PAKET C PADA PKBM SONGGO LANGIT KOTA BENGKULU. Journal Of Lifelong Learning, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33369/joll.5.1.19-25

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Budiarso, D. E. A. (2008). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran dan Penunjang Perkuliahan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Unnes.
  3. Darmalaksana, W, Hambali, R., Masrur, A, & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid- 19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  4. Darmawan Deni (2014), Pengembangan E- learning Teori dan Desain. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
  5. Irjus Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada.
  6. Irma Marciana Rumengan, I. M., Salmon, A., Lumenta, M., Diane, S., Paturusi, E., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K. B. (2019).Pembelajaran Daring Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat, 14(3), 303–312.
  7. Joesoef Soelaiman. 1999. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  8. Lailatussaadah, Fitriyawany , Erfiati, & Mutia, S. 2020. Faktor-Faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) Ppg Dalam Jabatan (Daljab) pada Guru Perempuan di Aceh. Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender. 6 (2) : 45.
  9. Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal pendidikan fisika, 8(2), 215-224.
  10. Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019: 56–60.
  11. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah
  12. Putri, A, D., Zulkarnain, R., & Jasma, S. (2021). Keterampilan Warga Belajar Dalam Pembelajaran Online. Journal Of Lifelong Learning, 4(1).
  13. Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4): 870.
  14. Rodia, Sofino & Abdullah, M. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Life Skill Menjahit Kelompok Belajar Paket C.Journal of Lifelong Learning, 4(2).
  15. Sudjana, (2004). Pendidikan Nonformal, Bandung: Falah Production
  16. Sudjana. D. 2002. Metode Sttistika. Bandung: PT TARSITO
  17. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung
  19. Undang-Undang Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.