Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci tentang evaluasi pelaksanaan pendidikan kesetaraan terintegrasi di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tata cara riset kualitatif dan informasi yang dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dengan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu evaluasi pelaksanaan pendidikan kesetaraan terintegrasi di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu, dilakukan dengan cara adanya kerjasama antara pihak lembaga tahfidz Ahlul Qur’an dengan PKBM Delia yang sebagai wadah keberlangsungan proses pembelajaran PAKET terintegrasi, seperti melihat hasil nilai-nilai pembelajaran pada warga belajar dari santri sebelumnya, keaktifan dalam proses pembelajaran, K1, K2, K3, K4 sampai dengan aktifitas keseharian dari warga belajar. evaluasi penilaian dilakukan mulai dari harian, minguan, bulanan sampai akhir dari proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil evaluasi penilaian menjadi acuan untuk program PAKET terintegrasi selanjutnya.
Kata kunci: Evaluasi, Tahfidz Ahlul Qur’an, Paket TerintegrasiArticle Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Rahmat, Abdul (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publishing
- Ratnawulan Elis dan Rusdiana, (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung
- Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
- Sugioyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabet, Bandung
- Sarosa, Sumaji (2017). Penelitian Kualitatif Dasar- Dasar. Jakarta Barat. Indeks
References
Rahmat, Abdul (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Nonformal. Gorontalo: Ideas Publishing
Ratnawulan Elis dan Rusdiana, (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Sugioyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabet, Bandung
Sarosa, Sumaji (2017). Penelitian Kualitatif Dasar- Dasar. Jakarta Barat. Indeks