Main Article Content

Abstract

Keluarga adalah lingkungan pertama yang mempengaruhi perkembangan perilaku sosial anak sebelum anak mengenal lingkungan lainnya seperti pada lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian isi sebanyak 30 orang tua. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner mengenai pola asuh dan perilaku sosial. Setelah data diolah, data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji pearson product moment, dengan koefisien korelasi sebesar 0,855 dengan nilai signifikan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Person Correlaton sebesar 1. Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku sosial anak usia dini di PAUD Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Karawang diterima dengan tingkat korelasi sempurna atau mempunyai hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel.

 

Kata kunci: Pola Asuh, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini

Keywords

pola asuh anak usia dini perilaku sosial

Article Details

How to Cite
Pohan, H. A., Sutarjo, & Nia Hoerniasih. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD SKB KARAWANG. Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 72–79. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpls/article/view/22838

References

  1. Afiatul, Syifa. (2015). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas V MI An-Nashriyah Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  2. Anggraini, Helni, dkk. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Tunggal Ibu dengan Kematangan Emosi dan Keterampilan Sosial pada Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun di PAUD Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol. 8, No. 4, Hal. 115-121. [diakses tanggal 12 Januari 2022].
  3. Aspuriyah (2021). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo”. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
  4. Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif: CV. Pustaka Ilmu.
  5. Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Ibrahim, dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
  7. Kholifah. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional AUD TK Muslimat NU 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 7, Hal 61-75.
  8. Kurniawati, dkk. (2019). Analisis Regresi. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
  9. Mirnawati, dkk. (2019). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Paras Jaya Palembang. Pernik Jurnal Paud. Vol. 2, No. 1, Hal 1-14.
  10. Morrison, G.S. (2007). Early Chillhood Education Today. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.
  11. Mustafa, dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
  12. Putri, dkk. (2019). Effect of Education and Income Levels and Parenting Patterns on Children’s Social Behavior. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM). Vol. 2, No. 2 [diakses tanggal 2 Oktober 2021]
  13. Rohmah, Fadlia. (2020). “Hubungan Pola Asuh orang Tua Dengan Kedisplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  14. Darul Ulum Pekanbaru”. Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  15. Sari, Landa Sisri. (2019). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak di Jorong Kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman”. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
  16. Septiani, Carlista Mega. (2019). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
  17. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  18. Suryana dan Rizka. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
  19. Wartini, Siti. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ceria. Vol. 1, No. 2, Hal. 21-27.
  20. Widari, Darmasari. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Mentari Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 2, Hal 48-54.