Main Article Content

Abstract

Kemampuan berbicara di depan umum menjadi aspek penting dalam kehidupan pada zaman sekarang ini. Kemampuan public speaking harus dimiliki oleh setiap individu. Rendahnya kemampuan public speaking pada remaja menjadi masalah yang harus diselesaikan. Tidak semua peserta didik program kesetaraan Paket C di Sanggar Anak Alam Yogyakarta memiliki keberanian serta kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum ketika presentasi. Program Workshop Public Speaking bagi peserta didik program Kesetaraan Paket C di Sanggar Anak Alam bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan berkomunikasi dalam menyampaikan hasil riset yang telah dilakukan. Hal tersebut tentu akan menunjang kemampuan presentasi di kelas maupun organisasi yang diikuti. Workshop public speaking disampaikan dengan kombinasi metode ceramah, diskusi, dan praktik. Evaluasi kegiatan ini menggunakan metode FGD (Forum Group Discussion). Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kegiatan workshop public speaking cukup berhasil. Indikator keberhasilan ini meliputi: (1) Adanya antusias peserta workshop yang ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang bertanya dan menanggapi materi yang diberikan oleh fasilitator, (2) Keseriusan peserta dalam mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan, dan (3) Semangat peserta untuk tampil praktik setelah materi selesai.

Keywords

Workshop Keterampilan Public Speaking SALAM (Sanggar Anak Alam) Yogyakarta

Article Details

How to Cite
Septiani, L., & Hermawan, Y. (2022). Workshop Public Speaking Untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Peserta Didik Kesetaraan Paket C SALAM Yogykarta. Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 9–18. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpls/article/view/23009

References

  1. Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Kristika, P. N. (2020). Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayan Diri Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 71-84.
  2. Fathoni, T., Asfahani, Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23-32.
  3. Hermawan, Y. (2019). The Capacity Building of Human Resources Management on Bejiharjo Tourism Village in Industrial Revolution 4.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET. Atlantis Press, 488-490.
  4. Indayani, I. (2013). Indayani, I. (2013). Peranan Pembimbing Kegiatan Public Speaking dan Kepercayaan Diri Siswi di Pesantren Darul Hikmah Medan. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(4), 1-10.
  5. Kusnad, S. K., Irmayanti, N., Kusnadi, S. A., & Anggoro, H. (2021). PELATIHAN PUBLIC SPEAKINGSEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA KOMUNITAS KAPPAS SURABAYA SURABAYA. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1093-1098.
  6. Mashudi, T., Kurniawan, R., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79-78.
  7. Raina, E. A., Rajafa, A., & Mawarni, M. J. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup Public Speaking Pada Lembaga Sekolah Komunikasi Miracle. Jendela PS, 3(1), 1-36.
  8. Setyowati, H., Qurniawati, Z., Santosa, E., Widiyono, Y., Aryanto, A., Rochimansyah, & Faizah, U. (2020). Pelatihan Public SpeakingBagi Mahasiswa dan Masyarakat Umum. Surya Abdimas, 4(2), 79-84.
  9. Yulian, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Pelatihan Master of Ceremony dalam Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 18 (1), 9-15.