Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi pengaruh status sosial ekonomi keluarga tehadap minat melanjutkan sekolah anak pada rentang usia 11 - 21 tahun. Status sosial ekonomi keluarga adalah tinggi rendahnya keadaan ekonomi seseorang berdasarkan pada posisi (kedudukan) seseorang dalam lapisan masyarakat, ditinjau dari berbagai aspek yang dapat menunjukan status sosial ekonomi yang dimiliki individu tersebut. Minat melanjutkan sekolah adalah aspek psikologis yang diadasari oleh rasa senang dan ketertarikan dari diri seseorang yang ingin melakukan sesuatu yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dalam rangka mengembangkan kemampuan seseorang. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dibantu dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara dan Studi Pustaka. Sampel penelitian yaitu anak yang putus sekolah sebanyak 30 orang yang sekaligus merupakan kesuluruhan dari populasi (sampel jenuh). Berdasarkan teknik analisis product moment Pearson penelitian ini menolak Hipotesis Nol dan menerima Hipotesis Alternatif yang berbunyi “Terdapat Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Minat melanjutkan Sekolah anak usia 11-21 tahun dengan interprestasi KUAT hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung ( 0,60 ) > rtabel (0,361) diperkuat dengan nilai thitung (3,969) > ttabel (2,04841) dan nilai Koefisien Determinasi sebesar 36 % sisanya sebesar 64 % disebabkan oleh faktor lain.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Al Juska Sasni Akbar Juska, Ida Royani, Tiara Bakti Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto,S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta. Basrowi, (2006) Status Sosial Ekonomi. Tersedia dalam tersedia di http:etshese.uin- malang.ac.id/600/6/ dalam jurnal Status Sosial Ekonomi keluarga, 63 halaman.
- BKKBN, (2012). Profil Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2012. Dalam Jurnal BKKBN, 138 halaman.tersedia dihttp//bkp.pertania.go.id/tinymcpukgambar/file/profil pendataan Keluarga BKKBN pdf
- Dewi, Amalia (2014).hubungan antara statsus sosial ekonomi keluarga dengan prestsai belajar warga
- belajar kejar paket C di UPT SKB kabupaten bogor. Skripsi Tidak Diterbitkan.
- Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)di indonesia (sebuah pembelajaran dari kominkam jepang. Bandung: Alfabeta
- Khairani, Makmun. (2017), Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
- Sisdiknas, (2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.
- Slameto, (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sudjana, Djudju. (2004). Pendidikan Nonformal Wawasan Sejarah Perkembangan Filsafat & Teori Pendukung, Serta Asas.Bandung Falah Production.
- Sugiyono,(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan RND.
- Bandung: Alfabet
- Kurniatin, Nia. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Remaja Pada Kejar Paket B di PKBM Mutiara Bangsa Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor:UIKA
- Sutinah.(2014).Pengaruh Pengelolaan Program Daur Ulang Sampah Terhadap Peningkatan
- Kesejahteraan Keluarga Di RW 01 Desa Banteng Kecamatan Ciampea Kebupaten Bogor:UIKA.
- Zainal, Arief Abidin, (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan, Bogor: Graha Widya Sakti
- Meti, Fitria.(2017).pengaruh status sosial ekonomi masyarakat kota terhadap tingkat partisifasi gotong royong. Skripsi tidak diterbitkan.
- Noor, H.M Arifin.(2007).(ilmu sosial dasar) untuk UIN, STAIN,PTAIS semua Fakultas dan Jurusan Komponen MKU. Bandung:Pustaka Setia.
References
Arikunto,S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta. Basrowi, (2006) Status Sosial Ekonomi. Tersedia dalam tersedia di http:etshese.uin- malang.ac.id/600/6/ dalam jurnal Status Sosial Ekonomi keluarga, 63 halaman.
BKKBN, (2012). Profil Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2012. Dalam Jurnal BKKBN, 138 halaman.tersedia dihttp//bkp.pertania.go.id/tinymcpukgambar/file/profil pendataan Keluarga BKKBN pdf
Dewi, Amalia (2014).hubungan antara statsus sosial ekonomi keluarga dengan prestsai belajar warga
belajar kejar paket C di UPT SKB kabupaten bogor. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)di indonesia (sebuah pembelajaran dari kominkam jepang. Bandung: Alfabeta
Khairani, Makmun. (2017), Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sisdiknas, (2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.
Slameto, (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudjana, Djudju. (2004). Pendidikan Nonformal Wawasan Sejarah Perkembangan Filsafat & Teori Pendukung, Serta Asas.Bandung Falah Production.
Sugiyono,(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan RND.
Bandung: Alfabet
Kurniatin, Nia. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Remaja Pada Kejar Paket B di PKBM Mutiara Bangsa Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor:UIKA
Sutinah.(2014).Pengaruh Pengelolaan Program Daur Ulang Sampah Terhadap Peningkatan
Kesejahteraan Keluarga Di RW 01 Desa Banteng Kecamatan Ciampea Kebupaten Bogor:UIKA.
Zainal, Arief Abidin, (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan, Bogor: Graha Widya Sakti
Meti, Fitria.(2017).pengaruh status sosial ekonomi masyarakat kota terhadap tingkat partisifasi gotong royong. Skripsi tidak diterbitkan.
Noor, H.M Arifin.(2007).(ilmu sosial dasar) untuk UIN, STAIN,PTAIS semua Fakultas dan Jurusan Komponen MKU. Bandung:Pustaka Setia.