Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kursus computer pada pusat kegiatan masyarakat (PKBM) kecamatan mekar sari tanjung kemuning kaur.Peneliti menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti pada penelitian ini yaitu, tujuan pembelajaran kursus komputer di PKBM Mekar Sari adalah memperbaiki kualitas diri dan kualitas sosial setiap warga belajar, memberikan rasa aman dan nyaman saat belajar komputer, sumber belajar di PKBM Mekar Sari terdiri dari media digital, buku panduan dan referensi dari internet,strategi pembelajaran kursus komputer pada PKBM Mekar Sari yaitu memberikan teori terlebih dahulu baru masuk praktek sedangkan metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi dan praktek, media yang digunakan dalam pembelajaran kursus komputer di PKBM Mekar Sari yaitu komputer, LCD, Printer dan mempunyai sarana dan prasarana yang berupa ruang kursus, gedung kantor dan komputer, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan ujian praktek pada peserta belajar komputer.

Keywords

Strategi, Kursus Komputer,PKBM

Article Details

How to Cite
Ruliantika, Y., Agus Zainal, & Dwi Ismawati. (2022). Penggunaan Strategi Pembelajaran Kursus Komputer Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) . Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 39–50. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpls/article/view/24055

References

  1. Fitriani,R.D., Ariefianto, L., Keterampilan, P., & Inggris, B. (2019).Peran Metode Praktek Dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan di LKP Andi ’ S English Course The Role Of The Practice Method In English Speaking Skill Mastery 3(1), 49–53.
  2. Haidar dan salim. 2012. Strategi Pembelajaran. Medan. Perdana Publishing.
  3. Jasdi Fela, Rachmat Zainal Agus & Abdullah, M. I. (2021).Perencanaan Program Keterampilan Membatik Untuk Peserta Paket C di PKBM Az-zahra Kabupaten Kepahiang.Journal of Lifelong Learning, 4(2).
  4. Kamil, Mustofa. 2010. Model pendidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi).bandung. alfabeta
  5. Kamil, mustofa. 2011. Pendidikan nonformal, bandung. Alfabeta
  6. Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
  7. Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Tarbiyah et al.,(2016)Tarbiyah,F., Universitas, K.,Negeri, I., Makassar, A.,Salah,M.,Persyaratan,S.,Memperoleh, G.,Satu, S., Pendidikan, S., & Islam, A. (2016). Agama Islam Peserta Didik di SMP Guppi Samata Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassasr.
  9. Tambak, Syahraini. 2014. 6 metode komunikatif PAI. Jakarta.
  10. Undang-Undang Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  11. Yamin, Martinis.(2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP PressGroup).