Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran remaja masjid dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan keagamaan di Desa Madura Oku Selatan. Jenis penelitian yakni deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah enam orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) sosialisasi program yang dilakukan oleh remaja masjid sudah berjalan dengan baik, dimana remaja masjid mensosialisasikan programnya kepada masyarakat melalui sosial media, tokoh agama, dan berkeliling desa dengan membawa toa sambil memukul Gong. 2) Remaja masjid telah menjalankan program keagamaan ditunjukkan dengan keterlibatan secara langsung pada setiap kegiatan. Selain itu peran tenaga juga dilakukan seperti kegiatan gotong royong, pengajian setiap minggu, silaturahmi dengan remaja masjid yang lain, peringatan hari besar islam, memperingati tujuh belas agustus dan evaluasi program. 3) Peran materil yang dilakukan oleh remaja masjid dan masyarakat setempat sudah dilakukan dengan aktif yang ditunjukkan dengan adanya bantuan dana, perawatan sarana dan prasarana masjid. Dengan adanya peran remaja masjid yang telah dilakukan dengan baik tersebut sehingga adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan.

Keywords

Kata Kunci: Peran, Remaja Masjid, Partisipasi Masyarakat

Article Details

How to Cite
Malisa, S., & Shomedran, S. (2023). PERAN REMAJA MASJID DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN DI DESA MADURA OKU SELATAN . Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 38–48. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.38-48

References

  1. Anwar, A. (2018). Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(2), 155-167.
  2. Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, (2020). Pedoman Pendataan Survei Penduduk Antar Sensus 2020. Oku Selatan: Badan Pusat Statistik.
  3. Didik. (2020). Peran Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Dalam Melestarikan Kearifan Lokal di Kabupaten Sumbawa (Studi di Desa Motong Kecamatan Utan) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
  4. Fansuri, A. H. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Akhlakul Karimah Pada Remaja Di Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
  5. Hamdani, D., Miftah, E., Ulwyah, R., & Utami, W. (2021). Pengaruh Peringatan Hari Besar Islam Terhadap Santri Dan Santriah Di Pesantren Al-Munawwir. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 54-60.
  6. Hidayat, D. (2017). Manajemen humas dalam meningkatkan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat di SMP Nahdatul Ulama Medan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
  7. Muhaemin, S. (2021). Pengajian Rutin dalam Membentuk Akhlak Terpuji bagi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
  8. Munir, M., & Djalaluddin, A. (2012). Ekonomi Qur’ani: Doktrin reformasi ekonomi dalam al-Qur’an.
  9. Mustanir, A. (2017). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN DI KELURAHAN KANYUARA KECAMATAN WATANG SIDENRENG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247-261. https://doi.org/10.24252/profetik.v5i2a6
  10. Munthe, A. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
  11. Najla, A. (2017). Peran Pengajian Terhadap Perkembangan Konsep Keberagamaan pada Diri Remaja di Kota Banjarmasin. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 5(10). https://dx.doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i10.1889
  12. Nirwana, A., Hidayat, S., Hayati, H., Furqan, F., Arfan, F., & Fitria, S. (2020). Sosialisasi dan Konsolidasi Program Remaja Masjid/Remas terhadap Transformasi Akhlak Remaja. MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).
  13. Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
  14. Siswanto, B. (2019). Peranan Masjid Dalam Membentuk Karakter Akhlak Muslim Mahasiswa Stsn. Tadrib, 5(1), 21-33. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2588
  15. Tamuri, A. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat. International Journal of Mosque, Zakat and Waqaf Management (Al-Mimbar), 1-12.
  16. Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.