Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini untuk, mendeskripasikan perencanaan bimbingan keterampilan bagi warga lansia pada Panti Sosial Tresna Werdha Pagar Dewa Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, peneliti berperan sebagai penelitian nonpartisipatif, teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validasi data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan: Perencanaan bimbingan keterampilan bagi warga lansia pada Panti Sosial Tresna Werdha Pagar Dewa Kota Bengkulu dilakukan melihat permasalahan yang di alami warga lansia yang tinggal di panti yang dapat merasakan rasa jenuh, bosan, bahkan kesepian maka di perlukan kegiatan yang dapat mengisi waktu luang dan memberdayakan warga lansia dengan sarana dan prasarana yang memadai dan tenaga kerja melalui tes pegawai negeri sipil. Dengan indikator keberhasilan yaitu meningkatkan sosialisasi lansia dengan berkembangnya aktivitas yang dilakukan, warga lansia dapat menyalurkan keterampilan yang dimiliki dengan minat dan keahliannya, memiliki dampak positif bagi kesehatan melalui kegiatan yang aktif dan produktif, dan seksi bimbingan keterampilan menuntaskan tugas.

Keywords

Kata kunci: Perencanaan, Bimbingan keterampilan, Panti Jompo

Article Details

How to Cite
rihasia, sonja, Zainal, A., & Abdullah, I. (2023). PERENCANAAN BIMBINGAN KETERAMPILAN BAGI WARGA LANSIA PADA PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PAGAR DEWA KOTA BENGKULU. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.30-37

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Afrisyah, Ari., & Santoso, M Budirahti.(2019). Pelayanaan Panti Tresna Werdha Terhadap Adaptasi Lansia. Rensponsive, 197
  3. Badan Pusat Statistic [Bps](2021). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
  4. Depdiknas (2003). Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional Depdiknas. Jakarta
  5. Hidayat, M. (2011). Strategi perencanaan dan pengembangan objek wisata (studi kasus pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33-44.
  6. Moleong, J Lexy. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja.
  7. Nafatali, R Ananda., Ranimpi, Y Yulius, Anwar, M Aziz. (2017) Kesehatan Spiritual Dan Kesiapan Lansia Dalam Menghadapi Kematian. Buletin Psikologi, 25(2), 124–135.
  8. Nustion, T., Saleh, S., Harahap, P. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Yogjakarta: K-Media.
  9. Saidikin, A., Misra, I., Hudin, S M. (2020). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogjakarta: K-Media.
  10. Sari, D. (2016). Peran dinas Kebersihan dalam pengelolaan sampah rumah tangga di TPA Terjun kecamatan Medan Marelan.
  11. Sugiyono, (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  12. Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung : Falah Production.