Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pendidikan literasi keuangan di Indonesia, sehingga calon guru sekolah Dasar perlu menggunakannya sebagai sumber materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan buku pedoman yang dikembangkan. Model penelitian ini menggunakan desain Plomp. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, lembar kepraktisan serta hasil belajar siswa. Data akan dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan, berdasarkan aspek kelayakan materi memperoleh skor sebesar 84,2% dengan predikat “sangat valid”, pada aspek kelayakan Bahasa yang digunakan mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan predikat “sangat Valid”, dan uji validasi media mendapatkan skor sebesar 82,4%  dengan predikat “sangat baik. Uji kepraktisan produk pengembangan juga mendapatkan kriteria “sangat baik”. Sedangkan uji keterterapan buku pedoman yang dikembangkan juga hasil yang dicapai oleh mahasiswa berdasarkan tugas yang dikumpulkan sangat layak.

Keywords

Buku Panduan, Literasi keuangan, calon guru professional

Article Details

Author Biography

Panut Setiono, Universitas Bengkulu

Scopus Author ID: 57206731237
How to Cite
Setiono, P., riyo, R. R., & yuli, Y. A. (2023). PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PENULISAN BUKU BACAAN LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.59-68

References

  1. Fuadi, H., Robbia, A.Z., Jamaluddin, J. and Jufri, A.W., 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), pp.108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
  2. Hamdah, S., 2018. Problematika Serta Solusi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 44 Pamulang. [online] Available at: <http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/41094>.
  3. Hartatik, S.F., Astuti, E.S. and Ramadhani, A.A., 2022. Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar. 5(1), pp.5351–5354.
  4. Indah, H.U. and Uswatun, H., 2013. Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Didaktika, [online] 53(9), pp.1689–1699. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.
  5. Jannah, I.M., 2017. Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru. Tasyri’, [online] 24(April), pp.32–47. Available at: <http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3150>.
  6. OJK, 2019. Survei nasional literasi and inklusi keuangan. Survey Report, [online] pp.1–26. Available at: .
  7. Ranteallo, A.T., Herawati, N. and Mulyani, A.S., 2022. Education for Financial Literacy on Children Educationonal Fund Among Housewives in West Jakarta. 5, pp.5304–5307.
  8. Rapih, S., 2016. PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), p.14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.
  9. Revian, M.E., Kusuma, R.M. and Nursetyo, K.I., 2020. Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), pp.24–35. https://doi.org/10.21009/jpi.031.04.
  10. Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, [online] 3(1), pp.59–72. https://doi.org/10.15294/KREANO.V3I1.2613.G2672.
  11. Setiaji, K., 2015. PILIHAN KARIR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Kajian Motivasi Karir Mengajar, Career Self Efficacy, Status Sosial Ekonomi, Minat menjadi Guru Terhadap Prestasi Akademik). Desember, X(2), pp.196–211.
  12. Sina, P.G., 2008. Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak ( Kajian Pustaka ). pp.74–86.
  13. Suhana, A., Wardani, K.W., Kristen, U. and Wacana, S., 2022. Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. 5.
  14. Zahro, E.A., Yuda, M.U. and Widiastuti, S., 2021. Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), pp.171–178. https://doi.org/10.52436/1.jpti.36.