Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pendidikan literasi keuangan di Indonesia, sehingga calon guru sekolah Dasar perlu menggunakannya sebagai sumber materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan buku pedoman yang dikembangkan. Model penelitian ini menggunakan desain Plomp. Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, lembar kepraktisan serta hasil belajar siswa. Data akan dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan, berdasarkan aspek kelayakan materi memperoleh skor sebesar 84,2% dengan predikat “sangat valid”, pada aspek kelayakan Bahasa yang digunakan mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan predikat “sangat Valid”, dan uji validasi media mendapatkan skor sebesar 82,4% dengan predikat “sangat baik. Uji kepraktisan produk pengembangan juga mendapatkan kriteria “sangat baik”. Sedangkan uji keterterapan buku pedoman yang dikembangkan juga hasil yang dicapai oleh mahasiswa berdasarkan tugas yang dikumpulkan sangat layak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Panut Setiono, Riyo Riyadi riyo, Yuli Amaliyah yuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fuadi, H., Robbia, A.Z., Jamaluddin, J. and Jufri, A.W., 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), pp.108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
- Hamdah, S., 2018. Problematika Serta Solusi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 44 Pamulang. [online] Available at: <http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/41094>.
- Hartatik, S.F., Astuti, E.S. and Ramadhani, A.A., 2022. Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar. 5(1), pp.5351–5354.
- Indah, H.U. and Uswatun, H., 2013. Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Didaktika, [online] 53(9), pp.1689–1699. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.
- Jannah, I.M., 2017. Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru. Tasyri’, [online] 24(April), pp.32–47. Available at: <http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3150>.
- OJK, 2019. Survei nasional literasi and inklusi keuangan. Survey Report, [online] pp.1–26. Available at: .
- Ranteallo, A.T., Herawati, N. and Mulyani, A.S., 2022. Education for Financial Literacy on Children Educationonal Fund Among Housewives in West Jakarta. 5, pp.5304–5307.
- Rapih, S., 2016. PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), p.14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.
- Revian, M.E., Kusuma, R.M. and Nursetyo, K.I., 2020. Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), pp.24–35. https://doi.org/10.21009/jpi.031.04.
- Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, [online] 3(1), pp.59–72. https://doi.org/10.15294/KREANO.V3I1.2613.G2672.
- Setiaji, K., 2015. PILIHAN KARIR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Kajian Motivasi Karir Mengajar, Career Self Efficacy, Status Sosial Ekonomi, Minat menjadi Guru Terhadap Prestasi Akademik). Desember, X(2), pp.196–211.
- Sina, P.G., 2008. Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak ( Kajian Pustaka ). pp.74–86.
- Suhana, A., Wardani, K.W., Kristen, U. and Wacana, S., 2022. Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. 5.
- Zahro, E.A., Yuda, M.U. and Widiastuti, S., 2021. Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), pp.171–178. https://doi.org/10.52436/1.jpti.36.
References
Fuadi, H., Robbia, A.Z., Jamaluddin, J. and Jufri, A.W., 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), pp.108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.
Hamdah, S., 2018. Problematika Serta Solusi Program Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 44 Pamulang. [online] Available at: <http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/41094>.
Hartatik, S.F., Astuti, E.S. and Ramadhani, A.A., 2022. Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar. 5(1), pp.5351–5354.
Indah, H.U. and Uswatun, H., 2013. Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Didaktika, [online] 53(9), pp.1689–1699. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.
Jannah, I.M., 2017. Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru. Tasyri’, [online] 24(April), pp.32–47. Available at: <http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3150>.
OJK, 2019. Survei nasional literasi and inklusi keuangan. Survey Report, [online] pp.1–26. Available at: .
Ranteallo, A.T., Herawati, N. and Mulyani, A.S., 2022. Education for Financial Literacy on Children Educationonal Fund Among Housewives in West Jakarta. 5, pp.5304–5307.
Rapih, S., 2016. PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), p.14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28.
Revian, M.E., Kusuma, R.M. and Nursetyo, K.I., 2020. Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), pp.24–35. https://doi.org/10.21009/jpi.031.04.
Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, [online] 3(1), pp.59–72. https://doi.org/10.15294/KREANO.V3I1.2613.G2672.
Setiaji, K., 2015. PILIHAN KARIR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Kajian Motivasi Karir Mengajar, Career Self Efficacy, Status Sosial Ekonomi, Minat menjadi Guru Terhadap Prestasi Akademik). Desember, X(2), pp.196–211.
Sina, P.G., 2008. Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak ( Kajian Pustaka ). pp.74–86.
Suhana, A., Wardani, K.W., Kristen, U. and Wacana, S., 2022. Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. 5.
Zahro, E.A., Yuda, M.U. and Widiastuti, S., 2021. Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), pp.171–178. https://doi.org/10.52436/1.jpti.36.