Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persentase kepuasan orang tua tentang Standar Pelayanan Anak (SPA) di Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazzaka Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriftif menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah 30 orang tua yang anaknya di asuh di Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazakka. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Kepuasan orangtua tentang kegiatan waktu kedatangan anak sebesar 84,16%  kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan belajar dan bermain di dalam ruangan sebesar 85,18%  kategori  sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan sholat dhuha dan makan sebesar 85,66% kategori  sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan istirahat dan persiapan tidur siang sebesar 86,44% kategori  sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan makan siang 85,33%  kategori   sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan main outdoor dan beres-beres mainan sbesar  82,66 % kategori  puas. Kepuasan  orangtua tentang kegiatan mandi sore dan menunggu jemputan anak  sebesar 85,27% kategori  sangat puas.

Keywords

Kepuasan, Pelayanan, Tempat Penitipan Anak

Article Details

How to Cite
Ayu, A. D., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2023). ANALISIS KEPUASAN STANDAR PELAYANAN ANAK (SPA) DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TAZZAKA KOTA BENGKULU. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.49-58

References

  1. Apriliana Kuntoro Astuti. (2020). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Program Studi Pendidikan Guru PAUD – FKIP – UKSW
  2. Depdiknas (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
  3. Heni, Puspita. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Usia Dini, Vol 6, No 1. April 49-55
  4. Nailirohmah. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2
  5. Rizkita, Diantifani. (2017) Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (TPA) Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Orang Tua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan TPA Yang Tepat, Early Childhood. Jurnal Pendidikan
  6. Sherly Malinton. (2013). Studi Tentang Pelayanan Anak Di Taman Penitipan Anak Puspa Wijaya I Tenggarong. Mahasiswa Program S1 Konsentrasi Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  7. Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga
  8. Soekidjo Notoatmojo (2010. Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2, Juli-Desember 2016
  9. Sudjana. (2010). Pendidikan Nonformal (Wawasan,Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas). Bandung: Falah Production
  10. Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta
  11. Suyanto, M.(2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Jakarta : Andi
  12. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional