Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persentase kepuasan orang tua tentang Standar Pelayanan Anak (SPA) di Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazzaka Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriftif menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah 30 orang tua yang anaknya di asuh di Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazakka. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Kepuasan orangtua tentang kegiatan waktu kedatangan anak sebesar 84,16% kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan belajar dan bermain di dalam ruangan sebesar 85,18% kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan sholat dhuha dan makan sebesar 85,66% kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan istirahat dan persiapan tidur siang sebesar 86,44% kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan makan siang 85,33% kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan main outdoor dan beres-beres mainan sbesar 82,66 % kategori puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan mandi sore dan menunggu jemputan anak sebesar 85,27% kategori sangat puas.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Ayu Dalereva Ayu, Rufran Zulkarnain, Sofino Sofino

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Apriliana Kuntoro Astuti. (2020). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Program Studi Pendidikan Guru PAUD – FKIP – UKSW
- Depdiknas (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
- Heni, Puspita. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Usia Dini, Vol 6, No 1. April 49-55
- Nailirohmah. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2
- Rizkita, Diantifani. (2017) Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (TPA) Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Orang Tua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan TPA Yang Tepat, Early Childhood. Jurnal Pendidikan
- Sherly Malinton. (2013). Studi Tentang Pelayanan Anak Di Taman Penitipan Anak Puspa Wijaya I Tenggarong. Mahasiswa Program S1 Konsentrasi Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
- Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga
- Soekidjo Notoatmojo (2010. Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2, Juli-Desember 2016
- Sudjana. (2010). Pendidikan Nonformal (Wawasan,Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas). Bandung: Falah Production
- Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta
- Suyanto, M.(2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Jakarta : Andi
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional
References
Apriliana Kuntoro Astuti. (2020). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Program Studi Pendidikan Guru PAUD – FKIP – UKSW
Depdiknas (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
Heni, Puspita. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Usia Dini, Vol 6, No 1. April 49-55
Nailirohmah. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2
Rizkita, Diantifani. (2017) Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (TPA) Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Orang Tua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan TPA Yang Tepat, Early Childhood. Jurnal Pendidikan
Sherly Malinton. (2013). Studi Tentang Pelayanan Anak Di Taman Penitipan Anak Puspa Wijaya I Tenggarong. Mahasiswa Program S1 Konsentrasi Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga
Soekidjo Notoatmojo (2010. Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Upaya Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tabawi Vol. 13 No. 2, Juli-Desember 2016
Sudjana. (2010). Pendidikan Nonformal (Wawasan,Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas). Bandung: Falah Production
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suyanto, M.(2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Jakarta : Andi
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional