Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar, Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan metode bercerita, dan Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan membaca permulaan anak didik yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar dengan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 22 orang anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak mengalami perbedaan yang signifikan antara media kartu kata bergambar dan metode bercerita.

Keywords

Picture word cards, children's reading skills, Learning Media

Article Details

How to Cite
Rahma, R., Indri Karadona, R., & Ayu Ningsih, K. (2023). MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TK NURUL HIDAYAH KOMBA. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.69-79

References

  1. Eliyawati, Cucu dkk. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
  2. Eliyawati., C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
  3. Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Kencana
  4. Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
  5. Jaruki, Muhammad. (2008). Bahasa Indonesia Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Diknas.
  6. Maimunah. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva press: Jogjakarta.
  7. Rosyada, Dede. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
  8. Sudono, Anggani. (2004). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
  9. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  10. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tampubolon, D.P. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.