Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar, Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan metode bercerita, dan Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan membaca permulaan anak didik yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar dengan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 22 orang anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak mengalami perbedaan yang signifikan antara media kartu kata bergambar dan metode bercerita.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Rahmawati Rahma, Rosika Indri Karadona, Kartika Ayu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Eliyawati, Cucu dkk. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
- Eliyawati., C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Kencana
- Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
- Jaruki, Muhammad. (2008). Bahasa Indonesia Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Diknas.
- Maimunah. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva press: Jogjakarta.
- Rosyada, Dede. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
- Sudono, Anggani. (2004). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Tampubolon, D.P. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
References
Eliyawati, Cucu dkk. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Eliyawati., C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Kencana
Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Jaruki, Muhammad. (2008). Bahasa Indonesia Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Diknas.
Maimunah. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva press: Jogjakarta.
Rosyada, Dede. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Sudono, Anggani. (2004). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tampubolon, D.P. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.