Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu kepada lembaga PAUD dan PKBM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik trianggulasi subjek, trianggulasi waktu dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah ada dukungan emosional pada indikator motivasi pada pelaksanaan akreditasi berupa pembinaan yang diberikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu, selanjutnya bahwa ada dukungan penghargaan dalam rangka memberikan pendampingan, ada dukungan instrumental indikator materi atau fisik yang diberikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu berupa pemberian himbauan kepada lembaga, adanyaa koordinasi kepada pengawas dan penilik dan pengawasan yang dilakukan kepada lembaga yang mengikuti kegiatan akreditasi.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Andini Putri Yudia Asmara Andini, Rufran Zulkarnain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asiah, S. N. (2018). Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1),51–64.
- Doi:10.21093/sy.v6i1.1325
- Awaludin, A. A. (2017). Akreditasi Sekolah
- Sebagai Suatu Upaya. Jurnal SAP Vol.
- , 12-21.
- BAN PAUD DAN PNF. (2016). Panduan Pelaksanaan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Jakarta.
- BAN PAUD DAN PNF. (2021). Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Jakarta.
- Darmawan, S. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jawa Timur.
- Fuad, Anis dan Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
- Kambey, F. L., & Suharnomo. (2013). Pengaruh Pembinaan, Pelatihan Dan Pengembangan, Pemberdayaan Dan Partisipasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Njonja Meneer Semarang). Studi Manajemen & Organisasi, 10(2), 142–151.
- Lanang, I. W. (2016). Penerapan Konsep Pengorganisasian dan Pengarahan Pada PT Bayus Cargo Badung,Bali. Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.12.
- Lee, D. S., Ybarra, O. (2017). Cultivating Effective Social Support Through Abstraction:Reframing Social Support Promotes Goal-Pursuit. Persinality and Social PsychologyBulletin, Journal of SAGE Publication, (43) 4, 453-464. DOI:10.1177/0146167216688
- Nanang Fattah. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung
- Malayu, H. (2010). Organisasi dan Motivasi Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., & Anjaya, C. (2021). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021. In Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
- Marni, A., Yuniawati, R. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diripada Lansia Di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Emphaty, (3), 1 Juli2015. ISSN: 2303-114X
- Rif’ati, M, I, dkk. Konsep dukungan sosial. (2018). Surabaya
- Suci, I. (2022). Paradigma Baru Fungsi Pengarahan di Dinas Lingkungan Hidup Sumatra Utara. Manajemen Akutansi, 2.
- Sudjana, Djudju. (2001). Pendidikan NonFormal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung : Falproduction.
- Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
References
Asiah, S. N. (2018). Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1),51–64.
Doi:10.21093/sy.v6i1.1325
Awaludin, A. A. (2017). Akreditasi Sekolah
Sebagai Suatu Upaya. Jurnal SAP Vol.
, 12-21.
BAN PAUD DAN PNF. (2016). Panduan Pelaksanaan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Jakarta.
BAN PAUD DAN PNF. (2021). Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Jakarta.
Darmawan, S. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jawa Timur.
Fuad, Anis dan Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kambey, F. L., & Suharnomo. (2013). Pengaruh Pembinaan, Pelatihan Dan Pengembangan, Pemberdayaan Dan Partisipasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Njonja Meneer Semarang). Studi Manajemen & Organisasi, 10(2), 142–151.
Lanang, I. W. (2016). Penerapan Konsep Pengorganisasian dan Pengarahan Pada PT Bayus Cargo Badung,Bali. Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.12.
Lee, D. S., Ybarra, O. (2017). Cultivating Effective Social Support Through Abstraction:Reframing Social Support Promotes Goal-Pursuit. Persinality and Social PsychologyBulletin, Journal of SAGE Publication, (43) 4, 453-464. DOI:10.1177/0146167216688
Nanang Fattah. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Malayu, H. (2010). Organisasi dan Motivasi Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., & Anjaya, C. (2021). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021. In Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Marni, A., Yuniawati, R. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diripada Lansia Di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Emphaty, (3), 1 Juli2015. ISSN: 2303-114X
Rif’ati, M, I, dkk. Konsep dukungan sosial. (2018). Surabaya
Suci, I. (2022). Paradigma Baru Fungsi Pengarahan di Dinas Lingkungan Hidup Sumatra Utara. Manajemen Akutansi, 2.
Sudjana, Djudju. (2001). Pendidikan NonFormal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung : Falproduction.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.