Main Article Content

Abstract

Pemimpin adalah individu yang memiliki peran sentral dalam kepemimpinan. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki visi yang jelas, sehingga perilaku dan kemampuannya sesuai dengan harapan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pendekatan kepemimpinan dan strategi ketua Komunitas Sabtu Mengajar tantangan yang dihadapi dalam memulai program Komunitas Sabtu Mengajar, dan upaya ketua komunitas dalam meningkatkan motivasi belajar masyarakat. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data menyimpulkan: Ketua Komunitas Sabtu Mengajar menggunakan pendekatan persuasif dan strategi partisipatif; tantangan yang dihadapi adalah membangun kepercayaan masyarakat dan membangun perspektif baru tentang pendidikan; dan upaya ketua komunitas untuk meningkatkan motivasi belajar masyarakat adalah dengan menjadi pemimpin yang inspiratif dan mampu memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam pendidikan.

Keywords

leadership community leaders learning motivation

Article Details

How to Cite
Khoirunnisa, E. I., Nadlira Nurazkia, N. N., & Sudrajat, I. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA KOMUNITAS SABTU MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MASYARAKAT KAMPUNG SIRNAGALIH, KECAMATAN MANDALAWANGI, KABUPATEN PANDEGLANG. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.9-14

References

  1. Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda
  2. Arumsari, N., A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 3, No. 4, Hal. 239-248
  3. Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Kepemimpinan-Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
  4. Kouzes, James M. & Barry Z. Posner. (2007). The Leadership Challenge. San Fransisco: Jossey-Bass
  5. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
  6. Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Jasmani. Vol. 2, No. 1, Hal. 41-47
  7. Pulungan, L., Masluyah, S., M., Syukri. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Bidang Pendidikan pada SDS Ulumuddin Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 3, No. 12
  8. Purwanto. (1996). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
  9. Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching
  10. Uchjana Effendy Onong. (1993). Human Relation dan Public Relations, Bandung: Mandar Maju.