Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


             Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mentahui bagaimana pengaruh permaina n lompat  tali  terhadap  kemampuaan   motorik  kasar  anak usia 5-6  tahun   di  RA  Perwanida  2  Palembang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy eksperimental desain, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Desaign, sampel pada penelitian ini berjumlah 30 anak kelas B4 dan B6 di RA Perwanida 2 Palembang. Kelompok eksperimen menggunakan kegiatan lompat tali dan kelas kontrol menggunakan metode demontrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,tes dan demontrasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis t test. Berdasarkan Hasil yanh didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkannya kegiatan lompat tali dimana rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 74.8 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 34,2. Kemudian bedasarkan perhitungan uji t dimana nilai t tabel untuk signifikasi 5% sebesar 2.145 dapat disimpulkan bahwa nlai t hitung > t tabel (2,373 > 2.145) maka  kesimpulannya ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tagun di RA Perwanida 2 Palembang.

Keywords

Permainan lompat tali, kemampuan motorik kasar

Article Details

How to Cite
Alevia, S., Febriyanti, F., Putri, Y. F., Yuniar, Y., & Cindrya, E. (2023). PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA 2 PALEMBANG. Journal Of Lifelong Learning, 6(1), 80–87. https://doi.org/10.33369/joll.6.1.80-87

References

  1. Aap Rohendi, Laurens Serba, Perkembangan Motorik Sebagai Pengantar Teori Dan Implikasinya Dalam Belajar, (Bandung :Alfabeta, 2017) .
  2. Ahmad Rudiyanto , Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik halus anak usia dini lampung : Darusalam Pres, 2016.
  3. Aisyah Fad, Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia, Jakarta : Niaga Swadaya, 2014.
  4. Asriansyah. Permainan Kecil Pendekatan pembelajaran motorik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, 2018.
  5. Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang tentang sistem pendidikan nasional No, 20 tahun 2003, Jakarta.
  6. Dr. Khadijah, Dkk, Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini,2020. Jakarta kencana.
  7. Fitri Ayu Fatmawasari, Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, Jawa Timur, 2020.
  8. Harsono, Permainan Lompat Tali, Jakarta : Grasindo. 1998.
  9. Hurlock, Elizabeth B, Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat tali, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7 2017.
  10. Hurlock,Elizabeth B. Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat tali, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7 2017.
  11. Keen Achroni, Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui permainan Tradisional. Jogjakarta : Javalitera., 2012.
  12. Kep Men ,Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) , NO 3331 Tahun 2021.
  13. Keputusan Menteri, Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA), NO 3331 Tahun 2021.
  14. M Fadlillah. Pendidikan anak usia dini, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014).
  15. M. Fadillah , Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta : Prenada Group, 2017.
  16. Muh Nur. Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. (Surakarta: CV Sanubari Pustaka, 2016).
  17. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Kurikulum Paud, 2013.
  18. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Kurikulum Paud, 2013.
  19. Reni Novita,Dkk.2019. Meningkat Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Holahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 4 No 1.
  20. Sugiyono. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung : Alfabeta.
  21. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung : Alfabeta.
  22. Sujiono Bambang, Bermain kreatif Berbasis Kecedasan Jamak, Jakarta : indeks, 2010.
  23. Syamsidah, 100 Permainan PAUD &TK di Dalam & di Luar Kelas (Jogjakarta : Diva Kids,2015).
  24. Tri suwarno handok. Perkembangan Peserta didik. Pradina Putaka. Jakarta 2002.
  25. Yuliani Nurani, Sujiono- Bambang Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak,(Jakarta : Indeks,2010).