Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen adalah “One Group pretestpostest”menggunakan menggunakan satu kelompok eksperimen diawali dengan sebuah tes awal
(pretest) kemudian diberikan treatment dan setelah itu tes akhir (postest). Penelitian ini
dilakukan selama 1 kali pertemuan yang bertujuan untuk Pengaruh alat permainan edukatif dari
barang bekas terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu
Desa Talang Ipuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa didapat keseluruhan Pretest dengan rata-rata nilai 44,7, sedangkan hasil dari posstest
anak-anak memperoleh rata-rata nilai 76,3, yang berarti skor rata-rata setelah diberi Alat
Permainan Edukatif barang bekas lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan
Permainan Edukatif barang bekas. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis
menggunakan uji-t untuk thitung yaitu 0,000 lebih besar daripada ttabel yaitu 0,025. dari hasil
penelitian menunjukkan metode eksperimen dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Elsa Cindrya, Idni Julti Persiliani, Febriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian.
- Jakarta: Asdi Mahasatya.
- Daryanto. (2010). belajar dan
- mengajar.Bandung: CV. Yrama
- Widya.
- Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan
- Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Djamarah. B.S. & Zain Aswan (2013).
- Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
- Rineka Cipta.
- Hamalik Oemar. (2008). proses belajar
- mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Ibrahim. R & Syaodih.( 2010). perencanaan
- pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Ratnasari. W. E. (2017). Hubungan Minat
- Belajar Terhadap Prestasi Belajar
- Matematika. Psikoborneo. 5 (2): 400-
- Riduwan. (2010). Metode dan Teknik
- Menyusun Proposal Penelitian.
- Bandung: Alfabeta.
- Roestiyah. (2001). Strategi Belajar
- Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar
- Terhadap Prestasi Belajar Bidang
- Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah
- Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah
- Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.
- Sagala Syaiful. (2011). konsep dan makna
- pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
- Sanjaya Wina. (2010). Strategi pembelajaran
- berorientasi standar proses
- pendidikan. Jakarta: Prenada Media
- Group
- Slavin. (2008). Cooperative Learning.
- Bandung: Nusa Media.
- Soetopo Sungkowo. (2016). Beberapa
- Strategi Pembelajaran. Palembang:
- PGSD FKIP UNSRI.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
- Pendidikan. Bandung: Alfabeta..
- Supriyadi. (2013). Strategi Belajar dan
- Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu
- Suryosubroto. (2009). proses belajar
- mengajar disekolah. Jakarta: Rineka
- Cipta.
- Taniredja Tukiran, dkk. (2013). modelmodel pembelajaran inovatif dan
- efektif. Jakarta: Alfabeta.
- Thaib. N. E. (2013). Hubungan Antara
- Prestasi Belajar dengan Kecerdasan
- Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika.
- XIII (2): 384-399
- Undang-Undang. (2005). standar
- kompetensi lulusan. Jakarta: UndangUndang
- Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung:
- Tarsito.
- Baik Nilawati Astini,dkk. Identifikasi
- Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif
- (APE) Dalam Mengembangkan
- Motorik Halus Anak Usia Dini, Jurnal
- Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi I
- (Tahun 2017) h.32
- Luluk Asnawati, Perencanaan
- Pembelajaran PAUD (Bandung : PT.
- Remaja Rosdakarya,2014) h.27
References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian.
Jakarta: Asdi Mahasatya.
Daryanto. (2010). belajar dan
mengajar.Bandung: CV. Yrama
Widya.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. B.S. & Zain Aswan (2013).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamalik Oemar. (2008). proses belajar
mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim. R & Syaodih.( 2010). perencanaan
pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratnasari. W. E. (2017). Hubungan Minat
Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Matematika. Psikoborneo. 5 (2): 400-
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik
Menyusun Proposal Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Bidang
Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah
Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah
Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.
Sagala Syaiful. (2011). konsep dan makna
pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Wina. (2010). Strategi pembelajaran
berorientasi standar proses
pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Group
Slavin. (2008). Cooperative Learning.
Bandung: Nusa Media.
Soetopo Sungkowo. (2016). Beberapa
Strategi Pembelajaran. Palembang:
PGSD FKIP UNSRI.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta..
Supriyadi. (2013). Strategi Belajar dan
Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu
Suryosubroto. (2009). proses belajar
mengajar disekolah. Jakarta: Rineka
Cipta.
Taniredja Tukiran, dkk. (2013). modelmodel pembelajaran inovatif dan
efektif. Jakarta: Alfabeta.
Thaib. N. E. (2013). Hubungan Antara
Prestasi Belajar dengan Kecerdasan
Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika.
XIII (2): 384-399
Undang-Undang. (2005). standar
kompetensi lulusan. Jakarta: UndangUndang
Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung:
Tarsito.
Baik Nilawati Astini,dkk. Identifikasi
Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif
(APE) Dalam Mengembangkan
Motorik Halus Anak Usia Dini, Jurnal
Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi I
(Tahun 2017) h.32
Luluk Asnawati, Perencanaan
Pembelajaran PAUD (Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya,2014) h.27