Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen adalah “One Group pretestpostest”menggunakan menggunakan satu kelompok eksperimen diawali dengan sebuah tes awal
(pretest) kemudian diberikan treatment dan setelah itu tes akhir (postest). Penelitian ini
dilakukan selama 1 kali pertemuan yang bertujuan untuk Pengaruh alat permainan edukatif dari
barang bekas terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu
Desa Talang Ipuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa didapat keseluruhan Pretest dengan rata-rata nilai 44,7, sedangkan hasil dari posstest
anak-anak memperoleh rata-rata nilai 76,3, yang berarti skor rata-rata setelah diberi Alat
Permainan Edukatif barang bekas lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan
Permainan Edukatif barang bekas. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis
menggunakan uji-t untuk thitung yaitu 0,000 lebih besar daripada ttabel yaitu 0,025. dari hasil
penelitian menunjukkan metode eksperimen dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Amina, A. (2023). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kasih Ibu Desa Talang Ipuh. Journal Of Lifelong Learning, 6(2), 147–153. https://doi.org/10.33369/joll.6.2.147-153

References

    Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian.
    Jakarta: Asdi Mahasatya.
    Daryanto. (2010). belajar dan
    mengajar.Bandung: CV. Yrama
    Widya.
    Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan
    Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
    Djamarah. B.S. & Zain Aswan (2013).
    Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
    Rineka Cipta.
    Hamalik Oemar. (2008). proses belajar
    mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
    Ibrahim. R & Syaodih.( 2010). perencanaan
    pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
    Ratnasari. W. E. (2017). Hubungan Minat
    Belajar Terhadap Prestasi Belajar
    Matematika. Psikoborneo. 5 (2): 400-
    405.
    Riduwan. (2010). Metode dan Teknik
    Menyusun Proposal Penelitian.
    Bandung: Alfabeta.
    Roestiyah. (2001). Strategi Belajar
    Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
    Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar
    Terhadap Prestasi Belajar Bidang
    Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah
    Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah
    Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.
    Sagala Syaiful. (2011). konsep dan makna
    pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
    Sanjaya Wina. (2010). Strategi pembelajaran
    berorientasi standar proses
    pendidikan. Jakarta: Prenada Media
    Group
    Slavin. (2008). Cooperative Learning.
    Bandung: Nusa Media.
    Soetopo Sungkowo. (2016). Beberapa
    Strategi Pembelajaran. Palembang:
    PGSD FKIP UNSRI.
    Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
    Pendidikan. Bandung: Alfabeta..
    Supriyadi. (2013). Strategi Belajar dan
    Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu
    Suryosubroto. (2009). proses belajar
    mengajar disekolah. Jakarta: Rineka
    Cipta.
    Taniredja Tukiran, dkk. (2013). modelmodel pembelajaran inovatif dan
    efektif. Jakarta: Alfabeta.
    Thaib. N. E. (2013). Hubungan Antara
    Prestasi Belajar dengan Kecerdasan
    Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika.
    XIII (2): 384-399
    Undang-Undang. (2005). standar
    kompetensi lulusan. Jakarta: UndangUndang
    Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung:
    Tarsito.
    Baik Nilawati Astini,dkk. Identifikasi
    Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif
    (APE) Dalam Mengembangkan
    Motorik Halus Anak Usia Dini, Jurnal
    Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi I
    (Tahun 2017) h.32
    Luluk Asnawati, Perencanaan
    Pembelajaran PAUD (Bandung : PT.
    Remaja Rosdakarya,2014) h.27