Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran Unit Bisnis dan Manajemen di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ketua BLK, instruktur pelatihan, dan dua orang peserta pelatihan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancaram dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan pra lapangan, tahap perkerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian pada penyelenggaraan pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran terdiri dari 4 tahap. Tahap perencanaan dimulai dari analisis kebutuhan belajar, mempersiapkan kurikulum dan materi, mempersiapkan rencana pembelajaran, mempersiapkan sarana dan prasarana, dan menyiapkan perangkat evaluasi dan alat penilaian. Tahap pelaksanaan dilakukan pembelajaran pelatihan dengan beberapa komponen yaitu guru, materi pembelajaran, metode pembelajaran, peserta, dan media pembelajaran. Tahap penilaian dilaksanakan di akhir pelaksanaan pelatihan dengan jenis evaluasi formatif dan sumatif. Adapun hasil Hasil dari pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran Unit Bisnis dna Manajemen di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang meliputi kompetensi pengelolaan administrasi, komunikasi, pelayanan pelanggan, teknologi informasi, pengelolaan keuang, dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Mita Dwi Alviani, Dayat Hidayat, Saifuri Musa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Indeed [Online] Tersedia: https://id.indeed.com/?r=us [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]
- Rahyubi, Heri. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
- Santoso, Budi. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
- Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
- Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pub. L. No. 20/2003.
- Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pub. L. No. 13/2003.Jobstreet.id [Online] Tersedia: https://www.jobstreet.co.id/ [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]
References
Indeed [Online] Tersedia: https://id.indeed.com/?r=us [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]
Rahyubi, Heri. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Santoso, Budi. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pub. L. No. 20/2003.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pub. L. No. 13/2003.Jobstreet.id [Online] Tersedia: https://www.jobstreet.co.id/ [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]