Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran Unit Bisnis dan Manajemen di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ketua BLK, instruktur pelatihan, dan dua orang peserta pelatihan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancaram dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan pra lapangan, tahap perkerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian pada penyelenggaraan pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran terdiri dari 4 tahap. Tahap perencanaan dimulai dari analisis kebutuhan belajar, mempersiapkan kurikulum dan materi, mempersiapkan rencana pembelajaran, mempersiapkan sarana dan prasarana, dan menyiapkan perangkat evaluasi dan alat penilaian. Tahap pelaksanaan dilakukan pembelajaran pelatihan dengan beberapa komponen yaitu guru, materi pembelajaran, metode pembelajaran, peserta, dan media pembelajaran. Tahap penilaian dilaksanakan di akhir pelaksanaan pelatihan dengan jenis evaluasi formatif dan sumatif. Adapun hasil Hasil dari pelatihan kompetensi keahlian administrasi perkantoran Unit Bisnis dna Manajemen di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang meliputi kompetensi pengelolaan administrasi, komunikasi, pelayanan pelanggan, teknologi informasi, pengelolaan keuang, dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

Keywords

pelatihan administrasi perkantoran kompetensi

Article Details

How to Cite
Mita Dwi Alviani, Hidayat, D., & Musa, S. (2023). PELATIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIT BISNIS DAN MANAJEMEN DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN KARAWANG. Journal Of Lifelong Learning, 6(2), 154–158. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jpls/article/view/29062

References

  1. Indeed [Online] Tersedia: https://id.indeed.com/?r=us [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]
  2. Rahyubi, Heri. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
  3. Santoso, Budi. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
  4. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  5. Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  6. Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
  7. Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pub. L. No. 20/2003.
  8. Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pub. L. No. 13/2003.Jobstreet.id [Online] Tersedia: https://www.jobstreet.co.id/ [Diakses pada tanggal 27 Maret 2023]